Sekilas Info

Menko Marves Ingin LIN Segera Terlaksana Di Maluku

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan

AMBON - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan  berharap program Lumbung Ikan Nasional (LIN) segera terlaksana di Maluku.

"Saya harap untuk perencanaan tidak memakan waktu lama. Kalau bisa dalam setahun perencanaannya sudah siap secara matang dan terintegrasi, sehingga kita sudah mulai pelaksanaan konstruksinya itu awal tahun depan," ungkap Menko Marves saat Rapat Koordinasi (Rakor)  dengan K/L terkait yang digelar secara virtual, Kamis (28/1/2021).

Rakor yang digelar dalam rangka mendorong percepatan implementasi program LIN di Provinsi Maluku tersebut juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Wahyu Sakti Trenggono, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Antam Novambar, Dirjen SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko, Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Hari Nur Cahya Murni dan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo.

Selain kementerian terkait, rapat juga dihadiri Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang mewakili Gubernur Maluku. Turut mendampingi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abdul Haris, Kepala Bappeda Anton Lailosa dan Kepala Biro Humas dan Protokol Melki Lohy.

Dalam arahannya, Menko Marves mengatakan perencanaan yang matang dan dikoordinasikan antar kementerian terkait sangat penting.

"Jadi jangan kita kerjakan sendiri. Nanti saya minta semua kerubutin rame-rame. Kita duduk bersama, rancang perencanaan yang terintegrasi apakah dari perhubungan, Pelindo. Saya kira kalau kita kerjakan bersama, tidak sampai 6 bulan bisa terselesaikan," katanya

Dengan perencanaan yang terintegrasi, tandas mantan Menko Polhukam tahun 2015–2016 ini, maka program yang berjalan akan menjadi efisien.

"Jangan nanti ketika LIN sudah jalan, timbul lagi persoalan. Listrik ada masalah, pelabuhan ada masalah atau tidak efisien, kemudian soal depot yang tidak pas. Jadi, saya minta tolong ini dikoordinasikan dengan baik ketika membuat perencanaan" tandas Luhut.

Luhut juga berharap keterlibatan pakar/ahli dalam perencanaan LIN.

"Jadi studinya saya minta libatkan teman-temn kita yang ahli dalam bidang ini. Saya titip ke Pak  Antam Novambar (Sekjen KKP) yang punya peranan dalam LIN ini," ungkapnya.

Luhut yang pernah menjabat Kepala Staf Kepresidenan RI tahun 2014–2015 ini juga  mengatakan dalam pertemuan lanjutan, harus ada progress  dalam rangka percepatan LIN di Maluku.

"Jadi, nanti saya akan  undang sekali lagi untuk kita rapat bersama dan saya harap pada pertemuan  nanti, perencanaan dari bapak/ibu semuanya sudah mulai terintegrasi. Saya lihat semua bahan-bahan sudah ada, tinggal mengintegraskan saja. Jadi, saya kira nggak perlu setahun, mungkin 3 bulan saja kita sudah bisa mantapkan perencanaannya," katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!