Sekilas Info

Hasil Asesmen BNNP Maluku: Usai Dipidana Wellem Wattimena Bakal Direhab

Anggota DPRD Maluku, Wellem Zefah Wattimena

AMBON - Hasil Rapat Tim Asesmen Terpadu (TAT) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku yang didalamnya termasuk penyidik dan jaksa, menyatakan tersangka penyalahguna narkotika Wellem Zefah Wattimena,  anggota DPRD Provinsi Maluku akan direhabilitas pasca pidananya.

Keputusan ini merupakan hasil rapat TAT yang dipimpin Kepala BNNP Maluku, Brigjen Pol MZ Muttaqien.

Muttaqien kepada malukuterkini.com, Selasa (23/3/2021) menjelaskan sidang TAT digelar Senin (22/3/2021) di BNN Provinsi Maluku yang Wadir Resnarkoba Polda Maluku, perwakilan Kejati, Wakapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease serta tim medis.

"Hasil Sidang TAT Penentuan Tersangka kasus narkoba di Maluku yang dipimpin saya dan dihadiri Wadir Resnarkoba Polda Maluku, perwakilan Kejati, Wakapolresta dan tim medis. Yang bersangkutan tetap diproses hukum Pidana sesuai UU Narkotika dan pasca hukuman direhabilitasi," jelas Muttaqien.

Menurutnya, Wattimena dijerat pasal 53, 54 dan 127 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.  "Pasal yang menjeratnya yaitu pasal 53, 54 dan 27 UU Narkotika," ujarnya.

Sebagaimana diketahui pasal 53  menyebutkan "untuk kepentingan pengobatan dan berdasarkan indikasi medis, dokter dapat memberikan Narkotika Golongan II atau Golongan III dalam jumlah terbatas dan sediaan tertentu kepada pasien sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan".

Pasal 54 menyebutkan "pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan sosial".

Sementara pasal 127  mengatur tentang pengaturan pengenaan sanksi bagi pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika, "Setiap penyalaguna narkotika golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) Tahun,".

Untuk diketahui, awal penangkapan Wattimena berawal saat polisi mendapatkan informasi tersangka ada membawa, memiliki, menyimpan dan menguasai narkotika jenis sabu dari Jakarta ke Ambon dengan menggunakan pesawat Batik Air, Senin (8/3/2021) sekitar pukul 07.30 WIT. Ia pun diamankan di Bandara Pattimura sesaat setelah tiba dari Jakarta. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!