Sekilas Info

Ulah Pasutri Pengelola Yayasan Anak Bangsa, Puluhan Korban Rugi Rp 4,6 M

AMBON – Ulah pasangan suami istri yang merupakan Ketua Yayasan Anak Bangsa (YAB) Josefa Jenalia Kelbulan dan Sekretarisnya, Lambert W Miru mengakibatkan puluhan korban mengalami kerugian yang mencapai Rp 4.611.000.000.

Kerugian ini berdasarkan pengembangan penyidikan yang sudah dilakukan oleh penyidik Ditreskrimum Polda Maluku.

"Jadi sampai dengan hari ini korban kang kita sudah dapatkan 28 orang. Nilai kerugiannya Rp 4.611.000.000," tandas  Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Sih Harno didampingi Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M Roem Ohoirat di Mapolda Maluku, Ambon, Senin (10/5/2021).

Menurut Direskrimum, saat ini pihaknya masih melakukan penyidikan dan pengembangan dengan harapan warga yang merasa dirugikan terus pada posko pengaduan yang sudah dibuka.

Selain itu pula, penyidik sudah menyita sebanyak 12 karton rokok gudang garang dan 7 doa amplop barang bukti yang disimpan oleh tersangka di Negeri Liliboy Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Barang bukti ini yang dikelabui oleh para tersangka bahwa berisikan uang yang akan diserahkan kepada para korban, padahal hanya berupa kertas putih dan bukan uang seperti yang disampaikan oleh para tersangka.

"Ada 12 dos besar dan 7 dos amplop yang isinya hampir sama semua. Nanti  tersangka sendiri yang membuka isinya. Ini dissmpaikan agar masyarakat tahu apa yang dilakukan Polda. Ini barang buktinya dan kemarin sudah kita dapat dan sudah kita lakukan penyitaan. Waktu kita sita disana pun langsung disaksikan Raja Liliboy. Kita minta langsung. Jadi jangan sampai kita merekayasa tidak. Bahkan disini ada foto dan nama. Jadi saya sampaikan kepada masyarakat semua, karena masyarakat beranggapan mendapatkan bantuan padahal ini penipuan," ungkapnya.

Menyangkut penambahan tersangka, Direskrimum mengaku sementara terus melakukan pengembangan dengan harapan warga terus melapor bagi yang merasa dirugikan.

Sebagaimana diketahui, lantaran melakukan penipuan ketua Yayasan Anak Bangsa (YAB) Josefa Jenalia Kelbulan dan Sekretarisnya, Lambert W Miru diringkus penyidik Ditreskrimum Polda Maluku.

Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam lantaran melakukan  penipuan dan penggelapan uang milik warga  milyaran rupiah.

Ada empat cara (modus) yang dilakukan yaitu:

  1. Sampaikan kepada masyarakat bahwa tender relawan yang menyetor dana Rp 250.000 maka akan dapat bantuan Rp15 juta.
  2. Disetor dengan tender Rp 1 juta maka dapat bantuan Rp 50 juta dengan runcian Rp 30 untuk rumah ibadah dan Rp 20 juta dimiliki sipenyetor.
  3. Tender relawan 45 dimana masyarakat yang setor Rp 1 juta akan dapat bantuan Rp 45 juta
  4. Tender relawan lepas setor Rp 1 juta bantuan dan bonus Rp 100 juta.

(MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!