Sekilas Info

Idul Fitri 1442 H

PLN MMU Cek Kesiapan Personel & Kehandalan Sistem

AMBON - Guna memastikan kesiapan personil dan kehandalan sistem saat Idul Fitri 1442 H, PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menggelar rapat kesiapan secara virtual, Rabu (12/5/2021).

General Manager PLN UIW MMU Adams Yogasara mengharaokan agar seluruh personel meningkatkan pengawasan dan keamanan pada instalasi ketenagalistrikan di sekitarnya.

"Seluruh personel harus meningkatkan pengawasan dan keamanan pada instalasi kelistrikan di sekitarnya serta meningkatkan pelayanan khususnya di masa siaga Idul Fitri 1442 H hingga 21 Mei mendatang. Kita menyadari masih terdapat beberapa gangguan yang terjadi disebabkan oleh faktor eksternal dari PLN baik karena cuaca maupun faktor lain. Mohon agar seluruh personel meningkatkan kewaspadaan dan mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan dan keamanan jaringan listrik," jelas Adams dalam rilis yang diterima malukuterkini.com, Rabu (12/5/2021).

Ia juga mengharapkan agar seluruh pegawai lebih masif lagi mempublikasikan aplikasi PLN Mobile kepada seluruh pelanggan, termasuk fitur laporan dan pengaduan yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan pada aplikasi tersebut apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami.

Adams juga melakukan kunjungan ke beberapa instalasi kelistrikan di Ambon seperti Gardu Induk dan juga Pembangkit.

Sistem Kelistrikan Maluku dan Maluku Utara memiliki daya mampu mencapai 339 MW dengan beban puncak sebesar 204 MW untuk 98 sistem kelistrikan tersebar di kedua provinsi tersebut.

Untuk di Sistem Ambon sendiri, Daya Mampu saat ini mencapai 108,70 MW dengan Beban Puncak 59,64 MW, terdapat cadangan daya sebesar 49,06 MW. Sedangkan untuk Sistem Ternate - Tidore Daya Mampu saat ini mencapai 47 MW dengan Beban Puncak 32,33 MW, terdapat cadangan daya sebesar 14,67 MW.

PLN menyiagakan sebanyak 2.313 personel guna pengamanan pasokan kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara pada masa siaga perayaan Idul Fitri 1442 H.

PLN juga menyiagakan genset dan personil pada 24 titik lokasi tempat ibadah di Maluku dan Maluku Utara, dengan sebarannya yaitu sebanyak 3 unit di Ambon, 3 unit di Masohi, 2 unit di Tual, 8 unit di Ternate, 4 unit di Sofifi, 2 unit di Tobelo dan 2 unit di Saumlaki.

Adapun guna menopang pasokan kelistrikan yang lebih handal, PLN menyiagakan 29 Unit Gardu Bergerak serta "PowerBank" atau Uninterruptible Power Suply (UPS) berkapasitas 100 kVA sebanyak 4 Unit dan 250 kVA sebanyak 1 unit.

PLN mengimbau masyarakat untuk mengetahui apabila terdapat informasi dan pelaporan atau pengaduan gangguan kelistrikan dapat melalui Aplikasi PLN Mobile atau dapat menghubungi secara langsung melalui Contact Center PLN 123. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!