Sekilas Info

Grup A Euro 2020

Italia Lolos ke Babak 16 Besar

CETAK GOL - Pemain Italia Ciro Immobile (biru) berhasil mencetak gol ke gawang Swiss saat laga grup A Euro 2020 di Stadion Olimpiade, Roma, Rabu (16/6/2021) waktu setempat atau Kamis (17/6/2021) dini hari WIT.

ROMA - Timnas Italia jadi tim pertama yang melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Ini setelah Gli Azzurri menundukkan Swiss 3-0.

Pada pertandingan kedua Grup A yang dihelat di stadio Olimpico, Roma, Rabu (16/6/2021) waktu setempat atau Kamis (17/6/2021) dini hari WIT, Italia unggul 1-0 di babak pertama lewat Manuel Locatelli yang menggandakannya di babak kedua. Satu gol pamungkas Italia dibuat Ciro Immobile

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga. Swiss ada di posisi ketiga grup dengan satu poin dan akan berebut tiket terakhir dari grup ini dengan Turki tanpa poin di posisi terbawah.

Italia tak banyak melakukan perubahan susunan pemain seperti saat mengalahkan Turki 3-0. Hanya Giovanni Di Lorenzo masuk menggantikan Alessandro Florenzi yang mengalami cedera.

Italia sudah tampil dominan sedari menit pertama dan tak membiarkan Swiss mengembangkan permainan. Pada menit ke-10, Italia sudah mengancam gawang Swiss lewat Leonardo Spinazzola yang menusuk dari sisi kanan.

Dia melewati lawan sebelum mengirimkan umpan yang ditanduk Ciro Immobile tapi masih melebar. Italia menguasai betul ball possesion sekaligus tak memberikan ruang untuk Swiss menyerang.

Italia bahkan sempat mencetak gol pada menit ke-19 ketika Giorgio Chiellini menyambut bola korner Lorenzo Insigne dengan apik. Usai mengalahkan dua penjaganya, Chiellni menendang bola ke gawang dan merayakannya dengan suka cita.

Sayangnya gol itu dianulir VAR karena Chiellini lebih dulu handball sebelum gol terjadi. Chiellini setelah itu harus ditarik keluar karena mengalami cedera untuk digantikan Francesco Acerbi.

Italia akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-26. Tomas Locatelli melihat Domenico Berardi bebas di sisi kanan. Dari sebuah serangan balik, bola dikirimkan ke sana dan dibawa Berardi hingga mendekati tepi lapangan.

Setelah itu, Berardi melepaskan umpan tarik yang dengan mudahnya disontek Locatelli di mulut gawang. Italia makin beringas menekan Swiss yang tak mampu keluar dari daerahnya sendiri.

Pada menit ke-34, Immobile nyaris bikin gol andaikan tembakannya tak ditepis Yann Sommer. Pada menit ke-37, Swiss mendapat peluang pertamanya lewat Ricardo Rodriguez tapi bisa diadang.

Hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Italia bertahan.

Memasuki babak kedua, Italia masih memegang kendali permainan dan berhasil menggandakan skor di menit ke-52. Lagi-lagi Locatelli mencatatkan namanya papan skor, kali lini lewat sepakan dari luar kotak penalti ke pojok kiri gawang Yann Sommer usai mendapat umpan pendek Nicolo Barella.

Setelah itu Italia terlihat mengendurkan serangan dan membuat Swiss mendapat kans lewat sepakan keras Shaqiri pada menit ke-61. Tiga menit setelahnya giliran Steven Zuber yang punya kans setelah menusuk dari sisi kiri dan mengecoh dua pemain, tapi sepakannya bisa ditepis Donnarumma.

Bola rebound jatuh di kaki Zuber yang coba menembak lagi tapi kembali digagalkan Donnarumma.

Federico Chiesa yang masuk menggantikan Insigne di menit ke-70 melewati lini belakang Swiss dengan mudah lewat akselerasinya, tapi bola tembakannya dari sisi kiri masih melebar.

Italia memantapkan kemenangan 3-0 di menit ke-89. Immobile di depan kotak penalti langsung melepaskan tembakan keras yang menyarangkan bola ke pojok kanan dan tak bisa dihalau Sommer. Hingga Italia vs Swiss berakhir, skor tersebut bertahan.

SUSUNAN PEMAIN

ITALIA: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (Francesco Acerbi 25'), Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

SWISS: Yann Sommer; Nico Elvedi, Fabian Schar (Steven Zuber 57'), Manuel Akanji; Kevin Mbabu (Silvan Widmer 57'), Remo Freuler, Granit Xhaka, Ricardo Rodriguez; Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic, Breel Embolo. (MT-02)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!