Sekilas Info

Danlantamal Ambon Lepas Satgas Pengamanan Pulau Terluar

AMBON - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina,  memimpin Upacara Pemberangkatan Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgaspam Puter) Maluku Barat Daya VII Tahun 2021 di Lapangan Apel Mako Lantamal IX, Ambon Jumat (24/9/2021).

Dalam amanatnya Danlantamal mengatakan berdasarkan pasal 9 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dimana TNI AL bertugas menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional sesuai dengan hukum ketentuan hukum internasional yang telah diratifikasi.

“Wilayah perbatasan memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, serta merupakan wilayah yang sangat strategis bagi pertahanan dan keamanan negara,” katanya.

Inspeksi personel maupun meterial dilakukan langsung oleh Danlantamal beserta Pejabat Utama Lantamal dengan tujuan untuk memastikan bahwa para prajurit dan material pendukung Satgas telah siap untuk melaksanakan penugasan pengamanan Pulau Terluar.

Pada upacara pemberangkatan Satgas Pengamanan Pulau Terluar MBD VII berjumlah 19 personel, akan bertugas sebagai garda terdepan menjaga wilayah negara kesatuan republik Indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan yang datang sewaktu-waktu.

“Harapan saya, selama melaksanakan tugas tersebut para prajurit senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI sebagai jati diri seorang prajurit,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Asisten Danlantamal IX, Dansatrol Lantamal IX, Para Kasatker, Danyonmarhanlan IX dan Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III beserta Pengurus. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!