Sekilas Info

Pemkot Ambon & FK Unud Teken Kerjasama Pengembangan Klinik Mata

AMBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam hal ini Dinas Kesehatan menandatangani kerjasama dengan Fakultas Kesehatan (FK) Universitas Udayana (Unud).

Penandatangan ini dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy dengan Dekan FK Unud Komang Januartha Putra Pinatih di FK Unud yang disaksikan oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

Dalam sambutannya, Louhenapessy mengatakan penandatangan kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kerjasama antara Wali Kota Ambon dengan Rektor Unud, Anak Agung Raka Sudewi.

Dikatakan, sebelumnya Pemkot Ambon memiliki kerjasama sister city dengan Vlisingen di Belanda yang mana pada bidang kesehatan dibangun   sebuah klinik mata.

“Dana fisiknya dibangun Pemkot Ambon, sedangkan kelengkapan medisnya disiapkan oleh masyarakat Maluku di Vlisingen dan Pemerintah Kota Vlisingen," katanya.

Louhenapessy mengaku,   dampak dari klinik mata ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Ambon. Namun keterbatasan dokter mata di kota Ambon, membuat pemkot harus membangun  jaringan kerjasama secara intens dengan  sejumlah potensi-potensi kesehatan yang ada di Indonesia.

"Setelah melalui   kajian dan berbagai pertimbangan dari maka Pemkot Ambon memutuskan untuk membangun kerjasama dengan FK Universitas Udayana Bali, yang telah berpengalaman melahirkan dokter spesialis mata yang berkualitas,"tandasnya.

Louhenapessy berharap, dengan kerjasama ini, kedepan klinik mata Ambon - Vlisingen bukan  terbatas sebagai klinik tapi sesuai dengan upaya dan harapan dari Menteri Kesehatan dapat menjadi rumah sakit spesialis mata bagi Ambon.

"Karena minimnya dokter spesialis mata di Ambon, saya berharap agar kerjasama ini  tidak terbatas hanya  dalam bentuk statis tapi dia harus bergerak kedepan sehingga betul - betul embrio ini menjadi kekuatan, untuk pada waktunya Ambon memiliki sebuah rumah sakit mata," harapnya.

Untuk berkembang menjadi rumah sakit spesialis mata, Louhenapessy berharap ada dokter mata yang dikirim ke Ambon untuk membantu di klinik mata saat ini. Selain itu kedepan dokter-dokter dari Ambon bisa mengambil spesialis mata di Universitas Udayana.

"Kerjasama yang luar biasa hari ini, yang akan menjadi   pintu masuk kepada Pemerintah Provinsi Maluku, secara khusus kepada Pemerintah Kota Ambon, seandainya bapak berkenan untuk dapat mempertimbangkan dalam upaya-upaya pengembangan kesehatan msyarakat kedepan,  mungkin ada dokter-dokter di Ambon yang bisa kita koordinir untuk  mengambil spesialisasi di Unud ini, sebagai bagian dari meningkatkan kesehatan masyarakat di Ambon.  Memang di Ambon sudah ada Fakultas Kedokteran, tapi dia baru bersifat fakultas umum, karena baru 5  atau 6 tahun. Dengan demikian ini   juga menjadi embrio dalam upaya untuk mendorong kerjasama itu," jelasnya.

Sementara itu, Dekan FK Unud,  Komang Januartha Putra Pinatih berterima kasih dan sangat senang karena mendapat kepercayaan dari Pemerintah Kota Ambon untuk menjadi mitra dalam memulihkan tenaga kesehatan yang bisa membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Ambon .

"Kepercayaan ini akan kami laksanakan dengan  sebaik-baik baiknya. Kedepannya kami berharap  kerja sama ini  bisa  terus berkembang lagi, karena  sebagai institusi  pendidikan tugasnya bukan hanya pendidikan dan pengajaran, tetapi juga Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada masyarakat, yang nantinya bisa di implementasikan dan di laksanakan juga di wilayah kerja, sehingga  memberikan manfaat sebesar besarnya baik untuk Pemkot  Ambon dan Universitas kedokteran," ungkapnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!