Sekilas Info

17 Januari, Pengukuhan Adat Raja Negeri Assilulu Digelar

AMBON, MalukuTerkini.com - Prosesi adat pengukuhan M Risad Fahlefi Ely sebagai Raja atau Upu Latu Pesia Nusa Telu, Negeri Assilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng),  tetap digelar, Senin (17/1/2022).

Panitia Pengukuhan menegaskan tidak ada penundaan pengukuhan Raja sebagaimana isu yang beredar.

Pantia bahkan menegaskan, segala kepentingan dan kebijakan mengenai waktu pelaksanaan upacara adat dalam rangka pengukuhan raja adalah hak prerogatif panitia.

“Jadi mengenai perubahan jadwal dan lainnya adalah tanggungjawab panitia. Namun dalam hal pentahapan pengesahan secara adat pemimpin negeri tersebut, Panitia menegaskan ketetapan waktu Pengukuhan adat pengukuhan M Risad Fahlefi Ely sebagai Upu Latu Pesia Nusa Telu Negeri Assilulu telah disetujui digelar Senin (17/1/2022),” tandas Ketua Panitia Pengukuhan Bahrum Kalauw melalui Ketua Seksi Publikasi dan Dokumentasi, Abdul Kayum, dalam keterangannya, Minggu (9/1/2022).

Ia juga menegaskan, segala informasi  yang menyatakan bahwa pengkuhan Upu Latu Pesia Nusa Telu diundur atau ditunda adalah informasi tidak benar.

"Informasi yang beredar di Negeri itu tidak benar," tandasnya.

Dikatakan, selain perkembanga persiapan arena pengkuhan, saat ini kerja panitia sudah pada tahap cetak undangan dan dalam waktu dekat undangan sudah di distribusikan.

"Kita sudah cetak undangan dan sehari dua sudah di distribusikan," katanya.

Ia mejelaskan, semua pentahapan telah ditentukan bahkan sampai pada kesiapan waktu atau jam dan titik lokasi pelaksanaannya.

"Sesuai jadwal pengkuhan digelar pada pukul 10.00 WIT berlangsung di Ta'ilan (Baileo) Hiti Hala Negeri Assilulu, Kecamatan Leihitu,” jelasnya.

Selain itu ia juga menginformasikan proses pengukuhan adat nanti dipastikan akan dihadiri oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!