Sekilas Info

Lantik Penjabat Sekda, Ini Instruksi Gubernur Maluku

Penjabat Sekda Maluku, Sadli Ie

AMBON, MalukuTerkini.com - Gubernur Maluku Murad Ismail resmi melantik, Sadli Ie sebagai Pejabat Sekda Maluku.

Pelantikan berlangsung di lantai VII Kanor Gubernur Maluku, berdasarkan Keputusan Gubernur Maluku Nomor 141 tahun 2022 tertanggal 18 Januari 2022. Tentang pengangkatan Penjabat Sekda Provinsi Maluku.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan 4 hal penting dan  instruksi dalam melaksanakan tugas pasca dilantik.

Pertama, saat ini telah memasuki tahun ke-3 periode kepemimpinan pemerintahan 2019-2024,  banyak hal positif yang sudah dicapai dalam berbagai sektor pembangunan.

“Untuk itu saya instruksikan kepada saudara Pejabat Sekda untuk menggerakkan seluruh jajaran birokrasi agar dapat kerja simpel gerak roda pemerintahan yaitu mampu menciptakan pembaharuan dan inovasi dalam rangka percepatan pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan," tandas Gubernur.

Kedua,  saat ini masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19 bahkan terakhir ini telah menjadi varian baru yang disebut dengan varian omicron dengan tingkat penyebaran yang lebih cepat dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada akhir Februari atau awal Maret Tahun 2022.

"Sebagai Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Maluku, saya minta saudara Penjabat Sekda dalam mengambil langkah-langkah cepat tepat dan terukur dengan melibatkan seluruh jajaran satgas termasuk TNI Polri dalam menangani covid 19 di Maluku," ungkapnya.

Ketiga, perkuat  komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan mitra sejajar pemerintah daerah yaitu DPRD Provinsi Maluku instansi vertikal serta seluruh pemangku kepentingan yang ada di daerah ini.

Keempat, wujudkan tata kelola pemerintahan keuangan yang baik dengan mengedepankan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang tertib taat pada peraturan perundang-undangan efisien ekonomis efektif transparan dan akuntabel.

Menurut Gubernur, jabatan Sekda merupakan jabatan strategis karena jabatan Sekda merupakan jabatan karier tertinggi bagi ASN di tingkat provinsi.

Selain itu, Sekda juga adalah sekretaris Gubernur dalam kedudukan sebagai wakil pemerintahan pusat di daerah dalam kedudukan sebagai top manajemen dalam jajaran birokrasi.

"Tugas utama Sekda perlu saya ingatkan  yaitu membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan koordinasi administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif untuk itu mengawali pelaksanaan tugas pejabat Sekda Maluku," ujar Gubernur.

Pelantikan dihadiri Wakil Gubenur Barnabas Orno, Ketua TP- PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Marn) Said Latuconsina, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas Ardianto Dhewo, Irwasda Polda Maluku Kombes Pol Edy Yudianto, Kapoksahli Pangdam XVI Pattimura Brigjen TNI Adam Suwarno, Asintel Kajati Maluku Muji Martopo, Rektor Unpatti MJ Sapteno, serta sejumlah pejabat Pemprov Maluku,

Acara tersebut juga diikuti seluruh bupati/wali kota dan sekda kabupaten/kota secara virtual.

Sebagaimana diketahui, Sadli sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Harian sejak 19 Juli 2021 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Maluku Nomor 841.5-266 Tahun 2021 tertanggal 16 Juli 2021 menggantikan mantan Sekda Maluku Kasrul Selang. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!