Sekilas Info

Evaluasi Operasi Patuh Salawaku, Kapolda Maluku Usulkan Jalan Alternatif di Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - Polda Maluku menggelar evaluasi pelaksanaan Operasi Patuh  Salawaku 2022.

Operasi patuh Salawaku berlangsung selama 14 hari sejak 13 - 26 Juni 2022.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengaku sudah saatnya Ambon memiliki jalan alternatif untuk keluar masuk Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Kapolda saat Analisa dan Evaluasi (Anev) Operasi Patuh Salawaku yang berlangsung di Mapolda Maluku, Ambon, Senin (27/6/2022).

Menurut Kapolda, hasil Anev Operasi Patuh Salawaku salah satunya bahas tentang kemacetan lalu lintas yang semakin tinggi di Kota Ambon.

"Mobilitas vokume kendaraan semakin tinggi ini salah satunya menunjukkan ekonomi membaik tapi disisi lain kapasitas jalan tidak bertambah sehingga muncul kemacetan lalu lintas di beberapa titik di jalan masuk kota seperti di loaksi seperti  Batu Merah dan Jalan DI Panjaitan," ungkap Kapolda kepada malukuterkini.com, Senin (27/6/2022).

Lulusan Akpol tahun 1988 itu menjelaskan, polda,  pemprov  dan pemkot telah melakukan berbagai upaya rekayasa lalu lintas tetapi kapasitas jalan sudah tidak menampung lagi jumlah volume kendaraan yang melintas.

Hal ini di perparah banyaknya fungsi jalan yang berubah seperti trotoar pejalan kaki yang digunakan berjualan dan sebagainya.

"Polda akan berkoordinasi dengan pemprov dan pemkot serta balai jalan kiranya sudah waktunya untuk buat terobosan jalan alternatif sehingga  kemacetan dan kesemrawutan kota bisa di tata dengan baik dan tercipta kelancaran lalu lintas baik manusia, kendaraan dan barang," tandas mantan Kakorpolairud Baharkam Polri itu.

Ia mengatakan, kemacetan lalu lintas itu akan menimbulkan pemborosan dan biaya ekonomi yang tinggi bagi pelaku usaha serta bila dibiarkan menjadi potensi kerawanan konflik di masyarakat.

"Polda siap bantu Pemprov Maluku untuk wujudkan terwujudnya jalur alternatif khususnya jalan keluar dan masuk kota Ambon," kata mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!