Sekilas Info

Mahasiswa KKN-PPM UGM Gandeng PT PII Gelar FESBUK Teluk Sorbay 2022

LANGGUR, MalukuTerkini.com -  Tim Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar Seremonial Peresmian CSR PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).  – Kolaborasi KKN-PPM UGM di Kecamatan Hoat Sorbay, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Jumat (12/8/2022)..

Total masyarakat yang hadir di lokasi kegiatan yang terpusat di Ohoi Dian Darat (SD Kristen Dian Darat & Dian Wakat Mangrove Park) diestimasikan sebanyak 250 - 300 orang.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Festival Budaya dan Kuliner (FESBUK) Teluk Sorbay 2022 akan menampilkan berbagai tari-tarian, nyanyian adat, hingga kelezatan kuliner lokal dari daerah setempat.

“Acara akan dibuka dengan penyambutan secara adat oleh kedua Ohoi kepada tamu undangan. Setelah itu, tamu undangan akan berjalan menuju Dian Wakat Park untuk melakukan pembukaan secara simbolikdan beberapa rangkaian acara di panggung hiburan,” ungkap Perwakilan Tim KKN-PPM Universitas Gadjah Mada, Fanya Tarissa Anindita dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Festival ini, kata Fanya, akan terdiri dari pameran kuliner dan pertunjukan hiburan.

Pameran kuliner akan diadakan di sepanjang jalan menuju Dian Wakat Park dan diisi oleh berbagai olahan kuliner oleh masyarakat Ohoi Dian Darat dan Ohoi Dian Pulau. Masyarakat juga dapat memanfaatkan acara untuk menjual hasil olahan kepada khalayak umum. Di samping itu, tamu undangan juga akan dihidangkan makanan khas daerah Kei di dalam Dian Wakat Park sebagai salah satu perjamuan makanan bagi tamu undangan ketika jam makan siang,” katanya.

Khusus pertunjukan hiburan, Fanya menjelaskan akan ditampilkan berbagai tari-tarian dan hasil karya masyarakat Ohoi Dian Darat, Ohoi Dian Pulau, dan persembahan dari mahasiswa KKN-PPM UGM Hoat Sorbay 2022 sepanjang acara.

Sebagaimana diketahui, UGM pada tahun 2022 ini menerjunkan satu tim untuk melaksanakan kegiatan KKN-PPM di Ohoi Dian Darat dan Ohoi Dian Pulau Kecamatan Hoat Sorbay, Kabupaten Malra.

Tim diterjunkan ke wilayah paling tenggara Republik Indonesia ini selama kurang lebih 2 bulan.

Program pemberdayaan masyarakat ini didukung sepenuhnya oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Setelah dilaksanakannya berbagai rangkaian program kerja pemberdayaan masyarakat mulai dari bulan Juni hingga Agustus 2022.

Kegiatan “Seremonial Peresmian CSR PT PII (Persero)” terdiri atas beberapa rangkaian agenda, yakni: 1) Direksi Mengajar: Memberi Harapan, Meneguhkan Semangat Belajar; dan 2) Festival Budaya dan Kuliner (FESBUK) Teluk Sorbay 2022.

Program Direksi Mengajar dengan tema “Memberi Harapan, Meneguhkan Semangat Belajar” berfokus pada upaya-upaya peningkatan mutu dan luaran pendidikan dasar di lokasi sasaran pemberdayaan, yaitu Kecamatan Hoat Sorbay, yang sekaligus merupakan salah satu wilayah perbatasan paling tenggara di Indonesia.

Oleh karenanya, Tim KKN-PPM Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kegiatan mengajar motivasional bagi siswa-siswi SD setempat dengan mengundang Direksi dan Manajemen PT PII (Persero).

Kegiatan Direksi Mengajar ini menjadi krusial dan penting oleh karena pendidikan dasar di daerah perbatasan di Indonesia sudah sepantasnya menjadi perhatian khusus dari pemerintah pusat, daerah, hingga elemen-elemen masyarakat (termasuk di dalamnya adalah Lembaga Swadaya Masyarakat, Corporate Social Responsibility, hingga tokoh masyarakat.

Rangkaian acara Seremonial Peresmian CSR PT PII (Persero) – Kolaborasi KKN-PPM UGM akan ditandai dengan pelaksanaan Festival Budaya dan Kuliner (FESBUK) Teluk Sorbay 2022.

Tim KKN-PPM berupaya mengembangkan pariwisata kreatif melalui upaya pelatihan produk-produk inovasi komoditas pertanian dan perikanan lokal untuk mendukung konsep pariwisata kuliner yang berbasis potensi dan kearifan lokal.

Produk-produk hasil pelatihan kepada masyarakat ini nantinya akan dipamerkan dan disuguhkan kepada para tamu undangan dan masyarakat yang hadir dalam acara Fesbuk Teluk Sorbay.

Oleh karena itu, sebagai bentuk pelaksanaan mandat dari CSR Kolaborasi PT PII (Persero) sekaligus sebagai penutupan dari rangkaian program kerja KKN-PPM Universitas Gadjah Mada, (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!