Sekilas Info

“Indonesia One” Tunggu Presiden Jokowi di Ambon

Pesawat kepresidenan Boeing 737-800 BBJ-2 “Indonesia One” berada di Bandara Pattimura, Ambon, Jumat (2/9/2022).

AMBON, MalukuTerkini.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan transit di Bandara Pattimura, Ambon usai melakukan kunjungan kerja (kunker) di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (2/9/2022).

Presiden Jokowi telah tiba di Saumlaki, Kamis (1/9/2022) sore dengan menggunakan pesawat kepresidenan BAE RJ-85

Usai kunker, Presiden dan rombongan dijadwalkan take off dari Bandara Mathilda Batlajery pada pukul 15.10 WIT.

Sesuai jadwal pesawat Kepresidenan BAE RJ-85 yang membawa Presiden dan rombongan akan tiba di Bandara Pattimura – Ambon pada pukul 17.00 WIT.

Presiden hanya akan transit sekitar 20 menit dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan pesawat kepresidenan Boeing 737-800 BBJ-2 menuju Provinsi Lampung.

Pesawat berjuluk “Indonesia One” saat ini telah stand by menunggu Presiden Jokowi dan rombongan di Bandara Pattimura - Ambon.

Pesawat tersebut sebelumnya mengantarkan Presiden Jokowi dan rombongan kunker ke Papua. Usai dari Timika, pesawat yang dipiloti Capt Sunar itu langsung menuju Bandara Pattimura dan tiba Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 18.00 WIT.

Sementara Presiden Jokowi dan rombongan terbang dari Timika ke Saumlaki menggunakan pesawat Kepresidenan BAE RJ-85.

“Indonesia One” merupakan julukan pesawat Kepresidenan Republik Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari detik.com, secara teknis nama pesawat Kepresidenan Republik Indonesia ini dibangun dari Boeing 737-800 BBJ-2, pesawat ini memiliki kapasitas bahan bakar mencapai 39.539 liter. Bahan bakar tersebut bisa menempuh jarak sejauh 10.334 kilometer dengan kapasitas penuh 50 orang. Sementara jika kapasitasnya penuh, pesawat Kepresidenan ini hanya bisa menempuh 8.630 km.

Pesawat ini memiliki dua mesin berjenis turbofan CFM56-7, dengan kecepatan jelajah maksimum mencapai 0,785 Mach. Itu setara dengan 969,3 km/jam.

Soal Ukuran Pesawat Boeing 737-800 BBJ-2 ini memiliki panjang 39,5 meter, rentang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter.

Interior pesawat Kepresidenan Republik Indonesia memiliki panjang 29,97 meter, tinggi 2,16 meter dan lebar 3,53 meter.

Untuk memberikan kenyamanan dalam bertugas, interior mewah, nyaman dan aman sudah pasti tersaji. Sebut saja di dalam kabin pesawat terdapat kamar tidur, toilet dengan pancuran, ruang konferensi, ruang makan dan ruang tamu.

Dengan kokpit dua tempat duduk bagi dua awak, enam monitor penerbangan, dual GPS Build-in, TCAS, GPWS dan Sistem panduan penerbangan Flight Dynamics. Pada kabin depan, terdapat kamar dengan tempat tidur besar, ruang tamu, ruang istirahat kru, kamar mandi.

Lari ke kabin belakang, terdapat 12 kursi eksekutif dan 44 kursi staff dengan fasilitas penyanggah kaki yang berperan untuk menjadi tempat tidur, selanjutnya ada ruang rapat, ruang olahraga dan Toilet.

Fitur keamanan pesawat kepresidenan ini antara lain memiliki perangkat anti serangan rudal. Pesawat ini memiliki sensor yang dapat mendeteksi panas. Jika ada benda asing atau rudal yang mendekati pesawat, maka pesawat ini dapat mendeteksinya dan menghindar. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!