Sekilas Info

Satu Personel Polres Buru Dipecat

AMBON, MalukuTerkini.com - Bripda Ridwan Fernatubun, personel Polres Pulau Buru, mendapat sanksi Pemberhentian  dengan tidak hormat (PTDH) atau dipecat dari dinas kepolisian.

Upacara PTDH berlangsung di Lapangan apel Polres Pulau Buru, Senin (10/10/2022).

Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Pulau Buru AKBP Egia F Kusumawiatmaja dihadiri oleh Wakapolres Kompol Ruben M.H Sihombing, Kabag Ops AKP Uspril W Futwembun, Kabag Perencanaan AKP Muh. Sabir, Kabag Logistik AKP Jafar Husein serta para perwira staf dan personel Polres Pulau Buru.

Bripda Ridwan Fernatubun dipecat lantaran terjerat Pasal 14 Ayat (1) Huruf (a) Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun. 2004 tentang Pemberhentian Anggota Polri atau meninggalkan  tugasnya secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut lebih dari 1 tahun.

Kapolres Pulau Buru AKBP Egia F Kusumawiatmaja dalam amanatnya mengatakan, tingkat kepercayaan publik kepada Polri sedang mengalami penurunan yang drastis dari angka 70% menjadi tinggal 54% di bulan Agustus 2022.

“Hal ini terjadi karena banyak peristiwa, banyak hal permasalahan yang disebabkan oleh perilaku daripada anggota Polri. Perilaku-perilaku negatif perilaku-perilaku yang mencoreng nama institusi sehingga menyebabkan penurunan tingkat kepercayaan yang sangat jauh. Ini bisa menurunkan kepercayaan kita di negara, menurunkan kepercayaan kita di masyarakat sama saja menurunkan kepercayaan tingkat kepercayaan di negara ini dan kinerja daripada Kepolisian Negara Republik Indonesia," tandas Kapolres.

Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, katanya, maka Polri melakukan berbagai langkah pembenahan yang salah satunya adalah perbaikan internal dengan memberikan motivasi-motivasi berupa panis maupun reward.

"Pagi ini kita melihat salah satu bentuk upaya institusi kita tak hanya memberikan penghargaan kepada yang berprestasi tetapi juga memberikan sanksi kepada orang-orang yang melanggar salah satunya yang kita lihat pada pagi hari ini yaitu upacara PTDH salah satu anggota Polres Pulau Buru," katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!