Sekilas Info

Dinas Pendidikan Luncurkan Aplikasi Sankis

AMBON, MalukuTerkini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pendidikan meluncurkan sebuah inovasi perubahan dalam pelayanan pendidikan yakni Sistem Akuntabilitas Kinerja Sekolah (Sankis).

Aplikasi Sankis ini diluncurkan oleh Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena di Ambon, Kamis (1/12/2022).

Wattimena dalam sambutan mengatakan, fungsi akuntabilitas adalah menilai dan mempertanggungjawabkan apa yang dikerjakan.

"Saya harapkan satuan pendidikan dapat menggunakan layanan ini sehingga manfaat yang diterbakan oleh aplikasi ini dapat semakin luas jangkauannya khususnya dibidang pendidikan dan menyentuh seluruh badan santuan pendidikan mulai dari SD dan SMP," ungkap Wattimena.

Dikatakan, setiap pertangungjawaban yang di buat akan menghasilkan asam manis, misalnya jika  kinerja dilakukan dengan baik ketika dilakukan evaluasi  pasti rasanya manis, sebaliknya kalau tugas diberikan atau kerja tidak baik, ketika dievaluasi rasanya bisa pahit atau bisa asam.

"Jadi pilihan sankis ini tepat, karena untuk menentukan pendidikan baik dan tidak adalah bapak ibu sebagai penanggungjawab pendidikan tergantung pilihan mana yg kita ambil.  Tapi tentu pemkot menginginkan bahwa sistem akuntabilitas kinerja sekolah ini di ujungnya terasa manis, agar pendidikan di Kota ini terasa baik sehingga peningkatan mutu pendidikan kita peroleh," katanya.

Ia mnejelaskan, aplikasi Sankis ini dapat di-input dimana saja, sebab bisa digunakan di laptop maupun HP.

Wattimena berharap, kedepan semua sekolah bisa secepatnya menggunakan aplikasi sankis diluar sekolah yang menjadi percontohan.

"Aplikasi ini akan disosialiasikan kepada sekolah-sekolah percontohan di kota Ambon. Dan saya berharap kedepannya seluruh sekolah disatuan pendidikan di kota ambon sudah harus menggunakan aplikasi ini," harapnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!