Sekilas Info

274 Siswa Dikmaba TNI AD & Diktukba Polri di Maluku Ikut Diklat Integrasi

AMBON, MalukuTerkini.com - Sebanyak 274 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Darat dan Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri 2022 di wilayah Maluku mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Integrasi Kampus Kebangsaan.

Para siswa tersebut terdiri dari 177 siswa Diktukba Polri yang selama ini mengikuti pendidikan di SPN Polda Maluku dan 97 siswa Dikmaba TNI AD yang berada di Rindam XVI Pattimura.

Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, Komjen  Rycko Amelza Dahniel dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan, kegiatan diklaim integrasi TNI Polri merupakan implementasi tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI AD, TNI AL, TNI AU dengan Polri.

Penyelenggaraan kegiatan terintegrasi pada pendidikan pembentukan/ pendidikan pertama, pendidikan pembentukan perwira dan pendidikan pengembangan umum.

Sebagai tindak lanjut peningkatan kerjasama diwujudkan dalam kegiatan kolaborasi dan integrasi di semua tingkat pendidikan TNI Polri.

Dalam hal ini dilaksanakan Pendidikan dan pelatihan yang disebut Diklat integrasi kebangsaan TNI Polri.

Kalemdiklat menjelaskan, ini merupakan  sinergitas kegiatan yang dilaksanakan menitikberatkan pada keterampilan berkomunikasi, memotivasi diri kemampuan memecah permasalahan, kerjasama tim dan kepemimpinan yang memiliki jiwa ksatria integrasi.

"Harapan terbangun dan terwujudnya rasa kebersamaan serta esprit the corps antara peserta didik dik maba TNI dan diktuk Bintara polriputi penanaman sikap dan tata nilai jiwa sinergitas pengetahuan pendukung dan kegiatan kolaborasi integrasi TNI Polri Tahun 2022 dengan mempedomani materi, pengenalan doktrimatra, pengenalan fungsi matra, perbantuan TNI kepada Polri dan pembantuan Polri kepada TNI operasi bersama TNI Polri, kegiatan yang mendorong terwujudnya sinergitas dan soliditas melalui integrasi TNI Polri," jelasnya

Ia juga berharap, kegiatan tersebut diharapkan mampu menguatkan sinergitas antara TNI Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional.

Sementara itu Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Kodiklat TNI), Letjen TNI Bambang Ismawan dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman menyampaikan  selamat datang kepada seluruh Bintara siswa di rindam setiap Kodam jajaran TNI angkatan darat Bintara siswa sekalian pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan sumber daya prajurit yang di angkatan darat atau Polri yang profesional.

"Output yang diharapkan dari kolaborasi integrasi siswa  adalah tumbuhnya bibit integrasi dan yang kuat dalam mewarnai institusi TNI dan Polri sebagai alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan keamanan negara kesatuan Republik Indonesia.  Kegiatan kolaborasi integrasi yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat dan strategis guna terwujudnya sehingga kita TNI dan Polri karena ke depan tugas negara yang diemban oleh TNI dan Polri, untuk  selalu bersama-sama saling berkoordinasi, berintegrasi dan bersinergi," ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk memperkuat kebersamaan akan dibentuk keluarga asli yang terdiri dari siswa TNI angkatan darat dan ditukar melalui pembentukan keluarga ini diharapkan dapat memberikan hasil dan dampak yang positif bagi soal identitas dan identitas TNI dan Polri.

"Untuk itu saya minta kepada seluruh Bintara siswa agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kebanggaan kebersamaan dan semangat kepada para Bintara siswa," harapnya.

Dalam pembukaan ini bertindak selaku inspektur upacara Kapolda dan Kasdam yang dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Kabinda Maluku, seluruh pejabat utama Polda Maluku, pejabat utama Kodam XVI Pattimura dan Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!