Sekilas Info

Penjabat Wali Kota Ambon Ingin Semua Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

AMBON, MalukuTerkini.com –  Kurikulum merdeka perlu didorong untuk diimplentasikan saat ini di Kota Ambon.

Hal itu diungkapkan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena saat Rapat Kerja (Raker) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP yang berlangsung di Aula Wisma Gonzalo Velozo, Ambon, Rabu (15/3/2023).

"Tahun ini saya ingin semua sekolah di Kota Ambon menerapkan kurikulum merdeka, karena itu kita  harus saling mendukung maupun berbagi bagi sekolah yang sudah bagus mau membantu sekolah yang masih memiliki kekurangan. Jadi kuncinya ada di peningkatan guru maka dengan adanya MKKS ini dapat membantu peningkatan guru kedepan," ungkapnya.

Ia mengatakan, MKKS adalah tempat berkumpulnya kepala sekolah tingkat SMP baik Negeri maupun Swasta. Wadah ini, dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan peran kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan secara nasional melalui beberapa hal yakni, peningkatan dan pengembangan kepsek, pembinaan secara teknis baik vertikal maupun horizontal, serta perbaikan kinerja kepsek.

"Hari ini MKKS Kota Ambon menyelengarakan melaksanakan raker dengan tema " Optimalisasi Peran MKKS Dengan Mendorong Implementasi Kurikulum Merdeka". Ini adalah kurikulum baru yang diterapkan oleh Kemenristekdikti, yang mana dari 70 persen anak sekolah usia 15 tahun ditemukan bahwa mereka tidak memiliki kemampuan yang baik maka situasi itulah yang membuat dunia pendidikan perlu melakukan pembaruan peningkatan kualitas baik pendidik maupun murid sehingga pemerintah melakukan uji coba kurikulum darurat dan ternyata kurikulum darurat mampu meningkatkan kualitas siswa yang cukup baik, sehingga lahirlah kurikulum merdeka. Oleh karena itu, dengan MKKS membuat tema ini bisa menjadi guru penggerak dan sekolah penggerak untuk bisa menjalankan fungsi untuk implementasi kurikulum ini," kata Wattimena.

Olehnya itu, ia mengharapkan Raker ini harus digunakan sebagai wadah sharing, diskusi dan berbagi pengalaman karena ini merupakan tugas bersama untuk meningkatkan pendidikan di Kota Ambon.

Menurutnya, implementasi kurikulum merdeka perlu didorong saat ini di Kota Ambon

"Tahun ini saya ingin semua sekolah di Kota Ambon menerapkan kurikulum merdeka, karena itu kita  harus saling mendukung maupun berbagi bagi sekolah yang sudah bagus mau membantu sekolah yang masih memiliki kekurangan. Jadi kuncinya ada di peningkatan guru maka dengan adanya MKKS ini dapat membantu peningkatan guru kedepan," ungkapnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!