Sekilas Info

Giliran Politeknik KP Maluku & SUPM Waiheru Disambangi Stafsus Menkumham

AMBON, MalukuTerkini.com - Tak hanya di Universitas Pattimura, namun Staf Khusus (Stafsus) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Bidang Transformasi Digital, Fajar BS Lase juga menyambangi Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Maluku dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM).

Kunjungannya, Rabu (5/4/2023) sejak sore hingga malam hari dan dilanjutkan pula  dengan Sosialisasi Generasi Muda Melek Kekayaan Intelektual dan buka puasa bersama jajaran Kemenkumham Maluku dan pihak SUPM Waiheru Ambon.

Kedatangan Fajar ini disambut Direktur Politeknik KP Maluku Ahmad Jaiz Ely dan ratusan mahasiswa Politeknik KP dan SUPM beserta tenaga pendidik di aula SUPM Waiheru.

Fajar didampingi oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku M Anwar N, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Ernie Nurheyanti Miceleni Toelle, Kadiv Keimigrasian Mas Arie Yuliansa dan Kadiv Pemasyarakatan Saiful Sahri.

Sesaat setelah tiba sore tadi, Fajar memantau pelaksanaan Eazy Passport  dan membangun komunikasi dengan para peserta yang terdiri dari Civitas Akademi dan Taruna/Taruni  untuk memahami tujuan dari penerapan Hak Kekayaan Intelektual.

Menurutnya, tujuan penerapan Kekayaan Intelektual adalah bentuk antisipasi kemungkinan melanggar Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki pihak lain, meningkatkan daya kompetisi dan nilai pasar dalam komersialisasi Kekayaan Intelektual serta bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan strategi penelitian, usaha dan industri di Indonesia.

"Kekayaan Intelektual merupakan peluang kerja bagi generasi muda saat ini. Untuk itu, sejak dini kita harus melek dan membangun kesadaran terhadap pentingnya Kekayaan Intelektual. Terlebih di Politeknik ini banyak hal yang bisa dikulik, diciptakan kemudian didaftarkan dan mendapat perlindungan hukum. Lihat juga peluangnya dan hal ini menjadi keuntungan finasial bagi kita," ungkapnya.

Sementara itu kepada wartawan, Fajar menjelaskan para mahasiswa maupun siswa diberi pemahaman betapa pentingnya kekayaan intelektual yang dapat membantu pengembangan usaha dan kemajuan melalui teknologi.

Karena itu, dihadapan  ratusan mahasiswa Politeknik dan siswa SUPM Fajar Lase memberikan materi kekayaan intelektual yang amat potensial digarap oleh mahasiswa disertai dengan contohnya.

“Ini momen penting kenapa kami ada di kampus. Supaya masif (materi kekayaan intelektual) dan mahasiswa dianggap intelek dan melek teknologi,” ungkapnya kepada wartawan.

Sementara itu, Direktur Politeknik KP Ahmad Jaiz Ely ketika memberikan sambutannya sore tadi menyampaikan trima masih dan penghargaan kepada Fajar yang sudah hadir memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada generasi muda.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Fajar yang sudah boleh datang kesini,” ujar Ely yang juga menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku.  (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!