Sekilas Info

Rindam Pattimura Fasilitasi Rumah Singgah Keluarga Serdik

AMBON, MalukuTerkini.com – Resimen Induk Kodam (Rindam) XVI/Pattimura yang memiliki tugas pokok, menyelenggarakan tugas pokok dan latihan serta membantu pembinaan latihan di satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura meliputi, pendidikan, latihan, pengkajian dan pengembangan fungsi utama dan fungsi organik.

Dalam penyelenggaraan bidang pendidikan ada diantaranya pendidikan pertama baik Bintara maupun Tamtama, yang mana para peserta didiknya berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Dalam setiap momen penutupan pendidikan para keluarga peserta didik (serdik) dipersilahkan hadir untuk menyaksikan penutupan pendidikan tersebut.

Selama pendidikan, pada waktu pesiar atau izin bermalam, keluarga Serdik juga diizinkan untuk menjenguk ke Rindam, dan mereka bisa memanfaatkan Rumah Singgah yang sudah disediakan.

Mengingat keluarga peserta didik sebagian besar berasal dari berbagai daerah yang jauh dari  Kota Ambon dan tidak memiliki keluarga di wilayah Ambon serta terbatasnya fasilitas penginapan umum, maka Rindam XVI/Pattimura berinovasi dengan menciptakan atau membangun Rumah Singgah untuk menampung keluarga peserta didik selama menjenguk ataupun menghadiri undangan penutupan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo saat peninjauan di Rindam XVI/Pattimura, Sabtu (8/4/2023).

"Disediakan beberapa rumah singgah, didalamnya terdapat kamar-kamar yang cukup nyaman untuk istirahat," jelas Kapendam.

Selain Rumah Singgah, Rindam XVI/Pattimura juga memiliki berbagai inovasi yang diciptakan yang berbentuk aplikasi diantaranya, aplikasi Salawaku digunakan untuk membantu proses penyelenggaraan pendidikan. Dengan aplikasi ini peserta didik dapat mengakses informasi tentang pendidikan. Aplikasi Rindam XVI/Pattimura digunakan untuk menyediakan informasi kegiatan serta data sesuai fungsi organik, aplikasi QR-Code Gumil Handal untuk mendapatkan informasi data kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!