Sekilas Info

UPH Gelar PKM di Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - Universitas Pelita Harapan (UPH), Sabtu (6/5/2023) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam rangka meningkatkan  kualitas pendidikan di Maluku khusunya Kota Ambon.

Sebagai pelaksanaannya adalah  mahasiswa dan dosen magister hubungan Internasional UPH, dipusatkan di Santika Hotel Ambon.

Kegiatan tersebut dengan tema Asean Matters-Epicentrum of Growth: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Untuk Memperkuat Daya Saing Pada Era Globalisasi di Kota Ambon, menghadirkan narasumber  Amelia Joan Ribka Liwe (The Head Of International Relation Master Degree in UPH, Managing Director of G20 study Center),  Yosef Marcis Djakababa (Lecturer of International Relation in UPH) dan Rektor Universitas Pattimura, MJ Saptenno.

Sementara itu, Talkshow menghadirkan Rimaniar Julindra Hetharia (Engineer Consultant), Rifatys Sovia (Disaster Project Manager), AKP Eka Palti P Hutagaol (A Law Enforcement Investigator) dan Mourits Tamaela (Anggota DPRD Kota Ambon).

Kepada wartawan, Rimaniar Julindra Hetharia selaku ketua Pelaksana Kegiatan menjelaskan, pelaksaan PKM  yang merupakan salah satu program dari magister hubungan internasional dari Universitas Pelita Harapan  tentu saja  kegiatan ini disupport oleh dari pihak UPH yaitu magister hubungan internasional.

"Kegiatan ini kita memberikan mewujudkan pengabdian kepada masyarakat secara riil, secara nyata di daerah kepulauan. Yang mana ini memang baru pertama ini kami mencoba lakukan di Kota Ambon.  Kami pilih kenapa di Kota Ambon karena kami merasa bahwa Kota Ambon ini masih sangat membutuhkan perhatian yang lebih dan ekstra khusus," jelasnya.

Menurutnya,  dengan adanya program ini bisa menjadi trigger buat pemerintah baik dari Kota Ambon, provinsi Maluku bahkan mungkin supaya pemerintah pusat juga bisa  melihat potensi-potensi yang ada di Kota Ambon.

"Karena saya lihat SDM di Kota Ambon ini sangat berpotensi sekali, baik dari sumber daya manusianya, sumber daya alam itu sangat luar biasa sekali.  Nah momen ini terutama sebentar lagi eee minggu depan ada KTT ASEAN di Labuan Bajo. Nah jadi cocok sekali momentum ini satu minggu sebelumnya kami mengadakan secara langsung adalah promosi mengenai implementasi dari G20.  Jadi ini suatu momentum yang tepat bahwa kami dari UPH  sangat peduli dengan pendidikan  dan mungkin kedepan tidak hanya di Kota Ambon saja namun di provinsi-provinsi lainnya juga," katanya.

Ia mengatakan, ini juga merupakan  keterpanggilan dan kerinduan untuk bisa melayani masyarakat tapi  lebih di bidang pendidikan.   Karena generasi penerusnya sangat penting sekali. Harus mengutamakan pendidikan  sekarang ini supaya bagaimana mereka bisa mendapatkan fasilitas yang lebih memadai untuk mereka bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik di kemudian hari.

"Ini bisa menjadi sesuatu  momentum yang baik buat  yang kami juga di support dengan bermitra berasama Universitas Pattimura dan pemerintah daerah disini terutama dinas pendidikan.  Ini momentum yang sangat luar biasa karena kami sangat berterima kasih sekali.  Mudah-mudahan ini sangat bermanfaat. Kami ingin PKM  yang menjadi program dari salah satu magister hubungan internasional UPH ini bisa bermanfaat dan berguna berdampak bagi masyarakat luas memang baru pertama ini kami adakan di Ambon," katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!