Sekilas Info

PT MLA Target Daur Ulang 250 Ton Sampah Plastik Per Bulan

AMBON, MalukuTerkini.com - Akhirnya pabrik daur ulang sampah plastik yang terletak di kawasan di Negeri Hutunuri, Kecamatan Leitimur Selatan diresmikan (26/5/2023).

Peresmian pabrik daur ulang sampah plastik tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Sebelumnya, dilakukan penandatanganan kerjasama antara PT Milion Limbah Ambon (MLA), Alex Candra sebagai  Project Director dan CCBO Chief Of Party Tetra Tech Jon Again.

Wattimena dalam sambutannya memberikan apresiasi ,kepada PT MLA sebab ini merupakan pabrik daur ulang sampah plastik pertama di Kota Ambon.

"Saya berikan apresiasi kepada PT MLA karena dalam waktu kurang lebih 1 tahun, telah mampu mendirikan daur ulang sampah plastik sebagai wujud dari kesepakatan yang terbangun antara Pemkot Ambon dengan PT MLA. Tapi lebih darii pada itu, apa yang kita lakukan hari ini adalah jawaban atas seluruh persoalan penanganan sampah di Kota Ambon," ungkapnya.

Ia mengakui, selama ini Pemkot Ambon dan masyarakat menggantungkan harapan dari daur ulang sampah plastik dari bank sampah dan TPS 3R yang berada di Surabaya dan Jakarta, yang mengakibatkan biaya operasional untuk mengangkut sampah plastik dari Kota Ambon oleh pengusaha sangatlah tinggi sehingga menyebabkan tidak maksimal dalam upaya mengurangi atau mendaur ulang sampah plastik di Kota Ambon.

"Daur ulang sampah plastik ini terdiri dari luas lahan sebesar 7.800 meter persegi dengan luas bangunan 5.000 meter persegi yang mampu menyerap tenaga kerja paling banyak 250 orang baik tenaga kerja tetap maupun yang harian. Selain itu, pabrik ini juga menargetkan untuk mendaur ulang 250 ton setiap bulannya. Hal ini sejalan dari target pengelolaan sampah secara nasional," ungkapnya.

Dengan adanya pabrik sampah plastik, Wattimena optimis akan menjadi solusi dan upaya pengelolaan sampah serta dapat memperkuat ekosistem daur ulang sampah plastik, ekonomi serkuler serta dapat mengurangi pengumpulan sampah plastik sehingga tidak menjadi beban di tempat pembuangan akhir. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!