Sekilas Info

Dihadiri Penjabat Wali Kota Ambon, Gala Dinner Awali Rakernas APEKSI 2023

MAKASSAR, MalukuTerkini.com - Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena dan Penjabat Ketua TP-PKK Kota Ambon Lisa Wattimena mengikuti gala dinner Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023 di  Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (11/7/2023) malam.

Dalam sambutannya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengaku ada sekitar 85 Wali Kota atau Wakil Wali Kota yang menghadiri Rakernas XVI APEKSI 2023.

"Sebuah kebanggaan bagi kami berdua bersama seluruh jajaran Pemkot Makassar, karena kehadiran bapak dan ibu adalah kehormatan yang paling tinggi yang kami rasakan. Karena bagi orang Bugis, Makassar, Mandar, Toraja, begitu empat suku di Kota Makassar selalu bangga menerima tamu, karena tamu itu adalah raja-raja bagi kami di Kota Makassar," ungkapnya.

Danny sapaan akrabnya berharap dalam perhelatan Rakernas XVI APEKSI yang begitu padat sejak Senin (10/7/2023), hingga selesai bisa berjalan dengan sukses.

"Besok Rabu (12/07/2023) adalah hari terpadat, karena dimulai pembukaan, pleno, dilanjutkan dengan pembukaan Indonesia City Expo, kemudian kita berfoto dengan panorama Makassar, dilanjutkan dengan pembukaan karnaval dan pawai  budaya, kami juga akan mengundang bapak-bapak berjalan kaki menuju tempat phinisi. Namun sebelum ke phinisi, kami mengundang bapak-bapak mendatangi prasasti sebagai bagian sejarah bagi kita, sebagai legasi bagi kita semua karena banyak di antara kita yang sudah harus mengakhiri masa jabatan di tahun ini," ungkapnya.

Dijelaskan, saat ini diatas 60 persen daerah-daerah semakin  mengkota. Dulu desa, sekarang kota dan menjadi bagian pusat perekonomian di setiap provinsi, pusat budaya dan sosial dan juga merupakan pusat suara rakyat.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Makassar yang didampingi Wakil Wali Kota, Fatmawati Rusdi, berterima kasih kepada semua wali kota yang telah hadir.

"Terima kasih kepada teman-teman lewat  ketua umum APEKSI, yang telah menunjuk Makassar sebagai tuan rumah Rakernas kali ini, yang sangat bersejarah, karena Rakernas pada masa berakhirnya banyak jabatan,"ucapnya.

Mantan dosen jurusan arsitektur di Universitas Hasanuddin – Makassar itu juga memberikan apresiasi kepada APEKSI, karena berhasil mengundang,  bakal calon presiden untuk menerima aspirasi yang nantinya akan  diusulkan menjadi visi misi dari capres-capres ke depan.

"Dengan kehadiran bakal calon presiden ini, diharapkan   aspirasi pemerintah kota tersalurkan lewat jalur-jalur politik yang penting," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum APEKSI,  Bima Arya Sugiarto memuji Wali Kota Makassar dan masyarakatnya yang telah bekerja keras menjadi tuan rumah yang baik, sehingga Rakernas XVI APEKSI 2023 ini bisa sukses.

"Hari ini, malam in kita merasa dimuliakan dan dihormati, serta dilayani oleh Wali Kota Makassar beserta jajarannya, seluruh dewan pengawas, Penjabat Sekda Sulawesi Selatan, Forkopimda Kota Makassar, seluruh ASN dan warga kota Makassar yang berkerja keras sehingga acara bisa tersengara dengan baik. Saya memuji  Wali Kota Makassar karena terampil menyelenggarakan, merajut acara yang sangat memukau," ungkap Wali Kota Bogor itu.

Gala dinner yang diisi dengan hiburan lagu dan tarian, diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari  Wali Kota Makassar kepada seluruh wali kota yang hadir. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga