Sekilas Info

Kapolri & Panglima TNI Resmikan Mapolda Maluku

AMBON, MalukuTerkini.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meresmikan Mapolda Maluku yang terletak di kawasan Tantui - Ambon, Sabtu (9/12/2023).

Selain Mapolda Maluku juga diresmikan gedung Plaza Presisi yang berada di Jalan Sultan Hasanudin, Tantui - Ambon.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung Mapolda dan Plaza presisi dilanjutkan dengan peninjauan, pengguntingan pita, penandatangan pesan-pesan oleh Panglima TNI dan Kapolri, didampingi Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial.

Sebelum peresmian, saat tiba di depan Mapolda Maluku Kapolri disambut dengan tifa totobuang dan tarian lenso serta jajar hormat oleh personel Satuan Brimob Polda Maluku.

Kapolri dan Panglima TNI beserta rombongan selanjutnya diantar dengan drumd band menuju ke gedung Plaza Presisi dan disambut paduan jukulele dan rebana menunjukan toleransi umat beragama.

Untuk diketahui gedung Mapolda Maluku  dimulai peletakan batu pertama Jumat (18/9/2020) oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kapolda Maluku saat itu Irjen Pol Bahrudin Djafar.

Proses Pembangunan Polda Maluku dimulai 23 Juli 2020 dan selesai pada 10 November 2021 dengan luas bangunan 16.000 meter persegi.

Proses pembangunan saat itu dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana pekerjaan pembangunan.

Gedung Polda Maluku belantai 5  dibangun diatas lahan 5 hektar ini akan dibangun dalam dua tahap perkerjaan menelan anggaran Rp 172 milyar bersumber dari APBN Polri.

Para jenderal TNI yang mendampingi Panglima TNI saat peresmian Mapolda Maluku diantaranya Kapala Bais TNI Letjen TNI Rudianto, Pangkogabwilhan III Letjen Richard Taruli Horja Tampubolon, Pangkostrad Mayjen Saleh Mustafa, Asisten Intelejen (Asintel) Panglima TNI Mayjen Djaka Budi Utama, Pangkoopsud III Marsda Donald Kasenda, Asisten Operasi Panglima TNI Laksda Rachmad Jayadi, Danjen Kopassus Brigjen Widi Prasetijono, Komandan Korps Marinir Mayjen (Mar) Endi Supardi),  Pa Sahli TK III Bidang Wassus dan LH Panglima TNI Mayjen TNI Joko Purwo Putranto, Komandan Koopsus TNI Brigjen TNI Suhardi dan Inspektur Kopasgat Marsma TNI Tribowo Setyo.

Sementara para jenderal yang mendampingi Kapolri yaitu Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada, Komandan Korps Brimob Irjen Pol Imam Widodo, Asisten Operasi Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, Asisten Perencanaan dan Anggaran Irjen Pol Wahyu Hadiningrat, Asisten SDM Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kadiv Propam Irjen Pol Syahar Diantono, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, Kepala Divisi TIK Irjen Pol Slamet Uliandi, Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Irjen Pol dr Asep Hendradiana. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!