Sekilas Info

Pemasalan Floorball Jadi Prioritas AFI

AMBON, MalukuTerkini.com - Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengukuhkan dan melantik Ketum Pengurus Pusat Asosiasi Floorball Indonesia (PP AFI) masa bakti 2023-2027, Ganefri beserta jajaran, di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Senin (12/2/2024).

Pasca resmi dilantik, Ketum PP AFI mendapat tugas dari Ketum KONI Pusat untuk terus meningkatkan prestasi para atletnya, dan menggencarkan sosialiasasi floorball mulai dari usia dini, sekolah hingga perguruan tinggi.

“Floorball ini belum memasyarakat di Indonesia, melihat komposisi kepengurusan AFI masa bakti 2023-2027 yang merupakan putra-putri  terbaik Bangsa Indonesia dimana para profesor dan mantan pejabat ada di dalamnya, saya rasa kita bisa jadikan kampus di Indonesia sebagai tempat untuk pemasalan atau sosialisasi dan juga pembinaan floorball, maka dari sana akan lahir bibit atlet berprestasi floorball,” tandas Marciano.

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 nanti, katanya, akan digelar ekshibisi floorball, maka dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya karena ekshibisi akan ditanggung sepenuhnya dari cabor itu sendiri.

“Untuk venue kampus bisa menjadi salah satu tempat yang memungkinkan untuk ekshibisi floorball, dengan koordinasi yang berkelanjutan dengan KONI Provinsi dan KONI Pusat, saya yakin dalam waktu dekat jumlah provinsi yang ikut ekshibisi akan bertambah, harapan saya floorball dapat menarik perhatian para pecinta olahraga pada ekshibisi nanti.” Katanya.

Floorball merupakan cabang olahraga (cabor) yang tergolong baru berkembang di Indonesia, cabor ini sangat terkenal di beberapa negara di Eropa seperti Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Latvia, Norwegia, Swedia dan Swiss.

Olahraga floorball masuk ke Indonesia melalui negara tetangga yang sudah mengenal floorball lebih dahulu seperti Singapura dan Australia.

Induk cabor floorball di Indonesia adalah AFI yang terbentuk pada tahun 2009, dan langsung diterima sebagai anggota sementara federasi internasionalnya (IFF) di tahun yang sama.

“Sasaran kami tentu saja floorball dapat berprestasi pada tingkat internasional namun tentu saja tingkat nasional sebagai pijakan pertama, floorball akan menggelar eksibisi pada PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 sejauh ini sudah ada 12 Provinsi yang ikut serta, kami memaksimalkan diri untuk eksibisi tersebut dan dengan segala konsekuensi yang ada, dengan harapan pada PON selanjutnya Floorball dapat dipertandingkan,” jelas Ketum PP AFI, Ganefri.

Dalam waktu dekat floorball akan menyelenggarakan Kejuaraan Nasional di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. (MT-07)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!