Sekilas Info

Atlet Selancar Ombak Indonesia Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

AMBON, MalukuTerkini.com – Atlet Selancar Ombak Indonesia, Rio Waida berhasil meraih tiket Olimpiade Paris 2024 pada ajang kualifikasi ISA World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico, Sabtu (2/3/2024) waktu setempat atau Minggu (/3/3/2024) dini hari WIT.

Rio berhasil merebut tiket Olimpiade Paris 2024 setelah finis di urutan kedua babak Repechage 10 dengan 10,93 poin untuk melaju ke Repechage 11 ajang yang digelar Asosiasi Surfing Internasional (ISA) tersebut.

Pada babak kualifikasi tersebut, Rio menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang meraih tiket menuju Olimpiade.

Atlet-atlet Indonesia lainnya yang turut bertanding yaitu I Ketut Agus Aditya Putra, Dhany Widianto, dan Jasmine Michelle Studder belum berhasil meraih prestasi.

Rio akhirnya kembali wakili Indonesia untuk kedua kalinya pada Olimpiade untuk cabang olahraga selancar ombak setelah sebelumnya tampil pada Olimpiade Tokyo 2020 yang merupakan kali pertama selancar ombak ada pada olimpiade.

"Ini merupakan suatu hal yang membanggakan mengingat Rio dua kali berhasil bisa masuk Olimpiade. Kemarin yang di Tokyo, sekarang di Paris. Kemarin yang di Tokyo itu adalah pertama kalinya surfing masuk diperlombakan di Olimpiade," kata pelatih kepala tim nasional surfing Indonesia, Arya Subyakto dalam keterangannya, Minggu (3/3/2024).

Dikatakan, atlet selancar ombak menjadi atlet ketujuh yang mendapatkan tiket Olimpiade.

“Semoga dengan prestasi Rio ini kita dapat perhatian dan kita akan melahirkan atlet-atlet lainnya,” ujarnya.

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengucapkan selamat kepada Rio, dan juga mengapresiasi Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB.PSOI).

“Selaku Ketum KONI Pusat, saya mengucapkan selamat kepada Rio Waida dan juga tim pelatih yang karena persiapan dan kerja kerasnya, dapat tampil gemilang sehingga mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 yang ketujuh untuk Indonesia, kedua kalinya Rio mewakili Indonesia di olimpiade,” ungkapnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!