Sekilas Info

Malam Takbiran Idul Fitri 1445 H di Maluku Aman

AMBON, MalukuTerkini.com – Pelaksanaan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Provinsi Maluku secara umum berlangsung aman dan kondusif.

Hal itu diungkapkan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif  saat melakukan pemantauan pelaksanaan malam takbiran di kota Ambon bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial dan Forkopimda Maluku serta instansi terkait lainnya.

Pemantauan pelaksanaan malam takbiran di Maluku bertempat di Aula Basudara Manise Polda  Maluku, Tantui, Ambon, Selasa (9/4/2024).

Kegiatan pemantauan dimulai sejak pukul 20.30 WIT hingga pukul 24.00 WIT dengan menggunakan sarana video conference yang menayangkan CCTV di beberapa sudut Kota Amabon. Video conference juga  tersambung dengan jajaran Polres-Polresta Polda Maluku.

“Saya bersama dengan Pangdam dan Forkopimda lainnya memonitor rangkaian kegiatan malam takbiran, dan kita melaksanakan kegiatan ini dibantu instansi terkait. Hasil monitoring, secara umum malam takbiran berjalan dalam keadaan aman terkendali,” jelas alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini.

Menurutnya, pelaksanaan takbir keliling oleh masyarakat di Ambon dapat diantisipasi dengan baik personel gabungan TNI dan Polri dan instansi terkait.

“Personel Gabungan TNI-Polri dan instansi terkait yang tergabung dalam pengamanan Operasi Ketupat Salawaku 2024 telah kami turunkan baik itu pada Pos Pengamanan, Pos Pelayanan maupun titik-titik rawan di seputaran kota," ungkap mantan Kepala Korps Polairud Baharkam Polri ini.

Ia mengatakan, dibentuknya pos pengamanan maupun pos pelayanan di sejumlah tempat dilakukan demi mengamankan setiap aktivitas masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri.

"Personel juga melakukan pendampingan dan pengawalan dalam kegiatan malam takbiran,” kata mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Dengan berjalannya pelaksanaan malam takbiran secara aman dan kondusif, Irjen Lotharia Latif yang pernah menjabat Direktur Polairud Korpolairud Baharkam Polri ini menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersama menjaga kamtibmas di Maluku.

“Saya berharap Salat Idul Fitri juga berjalan aman. Mari kita sama-sama jaga keamanan agar pelaksanaan shalat dapat berjalan dengan baik dan kita bisa menunjukkan Maluku semakin aman dan damai. Saya menyampaikan Selamat Idul Fitri, Minal Aidin Walfaijin, mohon maaf lahir dan batin,” ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!