Sekilas Info

Unpatti & PT Hasjrat Abadi Jalin Kerja Sama

AMBON, MalukuTerkini.com - Dalam mengembangkan potensi serta kemampuan mahasiswa, Universitas Pattimura (Unpatti) terus melakukan terobosan dan inovasi terbaru menuju World Class University.

Unpatti melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Hasjrat Abadi dan juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Pattimura dan PT Hasjrat Abadi, yang berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Kamis (25/5/2024).

Penandatanganan MoU dan PKS yang dibangun oleh kedua pihak dalam rangka Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta Pendayagunaan Lulusan dan Seleksi Calon Karyawan.

“Agenda yang dilakukan saat ini dalam rangka membangun kolaborasi bersama untuk kemajuan sebuah institusi. Selain itu juga kami melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik pemerintah, swasta, dunia industri dan usaha, LSM, media cetak dan elektronik. Sebagai lembaga pendidikan tinggi tentunya, kami mendapatkan berbagai penilaian yang harus dievaluasi bersama serta kriteria pencapaian sebuah perguruan tinggi yang unggul harus dipenuhi dengan cara kerjasama yang membawa dampak positif bagi perguruan tinggi khususnya bagi para lulusan,” ujar Rektor Unpatti Fredy Leiwakabessy saat menyampaikan sambutannya.

Ia juga mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar para lulusan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan bisa berwirausaha sehingga menjadi entrepreneur muda yang siap bekerja ditengah masyarakat. Untuk melihat agar para lulusan terserap/bekerja di dunia kerja, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan terus membangun kerjasama yang dibangun dengan berbagai stakeholder.

“Kami selalu terbuka dengan semua pihak yang ingin melakukan kerjasama/berkolaborasi dengan Unpatti yang dapat dibuktikan dengan dokumen MoU. Hal ini perlu dilakukan karena kedepannya ada penilaian dari kementerian dalam rangka kerjasama yang sudah dibangun selama ini,” katanya.

Leiwakabessy berharap MoU yang dilakukan saat ini dapat diimplementasikan melalui PKS pada setiap fakultas yang ada di Universitas Pattimura, dan melalui kerjasama ini lulusan Unpatti kiranya mendapatkan kemudahan dalam proses recruitmen dan siap bekerja ditengah masyarakat.

Smeentara itu, Kepala Departemen Organization Development and Talent Acquisition PT. Hasjrat Abadi Caecilia Puspitasari mengatakan, PT Hasjrat Abadi merupakan sebuah perusahaan dengan basic otomotif, dan terdapat berbagai merek diantaranya Toyota, Yamaha, Yamaha Outboard Motor (produk mesin kapal), Yanmar (produk pertanian) dan Dunlop (produk ban roda dua dan empat).

“Hasjrat Abadi Cabang Ambon memiliki 11 outlet yang tersebar di wilayah Maluku, dan karena itu kami perlu melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi di Maluku khususnya Unpatti untuk merekrut lulusan pada posisi Management Trainee melalui program akselerasi,” katanya.

Program ini, menurutnya, bertujuan untuk mendapatkan kandidat yang memiliki kualitas serta potensi untuk menempati posisi manajerial di suatu perusahaan.

“Jadi ada program khusus yang sudah ditetapkan dengan tahapan-tahapan pembelajaran yang dimulai dari technical skill, soft skill hingga pada trainingnya. Memang yang kita butuhkan adalah para lulusan dari Unpatti untuk siap bekerja dan ditempatkan diluar Ambon, karena cabang perusahaan kami juga tersebar dari Manado sampai ke Papua. Dengan tahapan dan program yang sudah ditetapkan maka ditahun mendatang tentu lulusan akan ditempatkan dengan posisi supervisor,” ungkapnya.

Ia berharap MoU dan PKS yang dibangun tidak hanya sampai disini saja, akan tetapi dapat meluas ke tingkat fakultas dan program studi. Selain itu juga diharapkan agar para lulusan Unpatti juga bisa bekerja pada posisi Management Trainee ini. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!