Sekilas Info

982 Casis Bintara Polda Maluku Tes Akademik Sistem CAT di Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - Seleksi penerimaan siswa Bintara Polri pada Polda Maluku tahun 2024 kembali berlanjut di Kota Ambon, Selasa (21/5/2024).

Kali ini, sebanyak 982 orang calon siswa (casis) Bintara menjalani tes Akademik menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Tes CAT Akademik diselenggarakan di sejumlah sekolah. Di antaranya SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMP Kristen dan SMP Negeri 19 Ambon.

Akibat kapasitas lokasi tes CAT terbatas, sebanyak 982 casis Bintara Polri terbagi dalam empat kelompok sesuai jumlah sekolah yang digunakan.

Pada setiap sekolah pun terbagi dalam 4 gelombang sesuai waktu atau jam yang ditetapkan oleh panitia seleksi penerimaan siswa Bintara Polri gelombang pertama ini.

"982 peserta yang ikut tes cat akademik dibagi ke 4 sekolah dan dibagi juga 4 gelombang," kata Panitia Sekertariat Penerimaan Terpadu Panda Maluku, Kompol Murni Hamsa.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 982 casis Bintara Polri yang ikut tes Akademik Sistem CAT terdiri dari Bintara PTU sejumlah 920 (pria 837 dan wanita 83); Bakomsus Hukum 4 pria; Bakomsus Kehumasan/TI 3 pria; Bakomsus Pariwisata 1 pria; Bakomsus Nakes 10 (pria 8 dan wanita 2); Rekpro Bintara 44 (pria 42 dan wanita 2).

Tes CAT Akademik diawasi langsung oleh pengawas internal Polda Maluku maupun eksternal. Pelaksanaan tes dilakukan secara transparan. Di mana semua hasil yang dicapai langsung terpampang dan bisa dilihat oleh satu sama lain antara peserta. Para peserta kemudian menandatangani hasil yang diperolehnya. Bahkan, bila ada ketidak sesuaian setiap peserta bisa langsung komplain kepada panitia seleksi saat itu juga.

Polda Maluku juga mengingatkan kepada semua orang tua maupun peserta agar jangan sampai menjadi korban penipuan dari orang-orang yang menjanjikan bisa memasukkan anaknya menjadi anggota Polri. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!