Sekilas Info

Inflasi 3,21%, Ini Langkah Pemprov Maluku

AMBON, MalukuTerkini.com -  Angka inflasi Maluku Mei 2024 secara Year on Year (YoY) tercatat 3,21%.

Hal itu menyebabkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menyusun strategi pengendaliannya.

Hal ini disampaikan Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Tahun 2024 secara virtual dari Kantor Gubernur Maluku, Selasa (4/6/2024).

Rapat  dipimpin oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir dari di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta.

Rapat dihadiri pula oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, TNI dan Pimpinan OPD terkait di jajaran Pemprov Maluku.

“Kita harus menyusun strategi yang dimulai dengan pertemuan untuk membicarakan hal ini dengan Kabupaten Kota yang termasuk Indeks Harga Konsumen (IHK) dan mengembalikan langkah-langkah pengendalian inflasi yang sebelumnya pernah dilakukan, seperti gelar pangan murah hingga pengawasan pada setiap distributor,” jelas Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie.

Dikatakan, 3 wilayah IHK di Provinsi Maluku angka inflasi YoY tertinggi yakni di Kota Ambon 4,61%, yang disusun dengan Kota Tual 3,70%, dan yang terendah Kabupaten Maluku tengah 1,01%.

“Kita ketahui bersama untuk di Ambon harga ikan naik dikarenakan saat ini kita sementara memasuki masa pancaroba, oleh karena itu kita perlu menyusun strategi dengan cara menginventarisir cold store yang ada di Kota Ambon, agar dapat menjaga ketersediaan ikan,” kata Sadali. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!