Sekilas Info

Kapolres Buru Tinjau Areal Tambang Emas Ilegal Gunung Botak

AMBON, MalukuTerkini.com - Kapolres Buru AKBP Sulastri Sukidjang meninjau areal pertambangan emas ilegal dan melakukan pengecekan Pos Pengamanan serta personel di Lokasi Tambang Gunung Botak dalam rangka Operasi Peti  Salawaku 2024, Minggu (9/6/2024).

Setelah tiba di Dusun Wamsait, Desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Burum Kapolres AKBP Sulastri Sukidjang didampingi para pejabat Polres meninjau langsung Areal Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) Gunung Botak.

Pada saat dilakukan peninjauan oleh Kapolres, didapati tidak ada aktifitas pada lokasi  pertambangan tersebut.

Yang ada hanyalah  tenda- tenda kosong bekas ditempati oleh para penambang ilegal.

Saat itu juga tebda-tenda tersebut langsung dibongkar oleh petugas gabungan yang terlibat dalam Operasi Peti Salawaku, namun ada juga para penambang yang dengan sadar membongkar tendanya.

Operasi Peti Salawaku ini digelar selama tujuh hari, terhitung 3 - 9 Juni 2024 yang melibatkan 94 personel gabungan TNI, Polri dan Satpol PP.

Selama 7 hari pelaksanaan operasi Peti Salawaku ini personel  gabungan berhasil menurunkan kurang lebih 2.000 penambang ilegal, menghancurkan ratusan bak rendaman, mesin dompeng,dan tenda-tenda milik para penambang ilegal.

Operasi Peti Salawaku 2024 ini dilaksanakan dengan berpedoman pada  cara bertindak dilapangan yaitu dengan  melakukan pola pendekatan preemtif dan preventif kepada masyarakat penambang yang ada di Gunung Botak dan sekitarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!