Sekilas Info

Kapolda Maluku Ingin Personel Tamtama Raih Gelar Sarjana

AMBON, MalukuTerkini.com - Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif menerima kunjungan Direktur Universitas Terbuka (UT) Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori.

Pertemuan tersebut berlangsung di Mapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Selasa (10/6/2024).

Saat pertemuan silaturahmi, Kapolda didampingi Karo Operasi, Dansat Brimob, Direktur Polairud, Kasubag Mutjab Bagian Binkar Biro SDM, dan Kasubagrenmin Satuan Brimob Polda Maluku.

Pertemuan antara Kapolda dan Direktur UT Ambon membahas terkait peluang pendidikan tinggi yang fleksibel dan terjangkau di UT Ambon.

Tatap muka tersebut juga bertujuan untuk memperkuat kerjasama dalam bidang pendidikan antara UT Ambon dan Polda Maluku.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kapolda dan jajarannya yang telah memberikan waktu dan kesempatan untuk bersilaturahmi dan audiensi hari ini," kata Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori.

Ia menjelaskan kerjasama antara UT dan Polri telah berlangsung sejak tahun 2010. Kerjasama ini telah menghasilkan ribuan sarjana yang bekerja di institusi pemerintahan, termasuk TNI-POLRI dan ASN lainnya.

“Dalam lima tahun terakhir, sebanyak 700 anggota Polri  di Polda Maluku telah berkuliah di UT Ambon, dengan mayoritas memilih jurusan Fakultas Hukum, Administrasi Negara, dan Ekonomi Akuntansi,” jelasnya.

Menurutnya, sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh UT mempermudah anggota Polri dalam menempuh pendidikan tinggi.

"Meskipun dihadapkan dengan berbagai tugas dan tanggung jawab atau operasional BKO di luar kota, anggota Polri tetap dapat mengikuti perkuliahan dan ujian secara online dengan memanfaatkan jaringan internet," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda menekankan pentingnya pendidikan dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

"Pendidikan sangat penting dalam meningkatkan kwalitas dan kompetensi anggota Polri dari semua golongan pangkat agar  semakin profesional dan humanis dalam melayani masyarakat," kata Kapolda

Kapolda mendorong seluruh personel Polda Maluku untuk melanjutkan pendidikan, sebab hal tersebut merupakan bagian dari pengembangan sumber daya manusia dan bermanfaat bagi karir anggota yang bersangkutan ke depannya.

Ia mengaku tantangan saat ini dan ke depan semakin berat dan kompleks ,sehingga diperlukan wawasan,skill dan kompetensi yang semakin baik.

Kapolda mendorong  semua anggota Polri bahkan targetnya seorang Tamtama sekalipun agar dapat mengikuti pendidikan formal pada perguruan tinggi dan meraih gelar sarjana demi masa depannya dan untuk meminimalisir pengaruh-pengaruh negatif yang tidak bermanfaat dan merugikan .

“Lebih baik manfaatkan gaji dan penghasilan anggota digunakan untuk  hal hal yang positif seperti menjadi sarjana daripada gaji kalian habis untuk hal dan sesuatu yang negatif dan tidak bermanfaat bahkan bisa merusak karir dalam tugasmu," katanya,

Dalam pertemuan tersebut juga melahirkan komitmen untuk melanjutkan komunikasi dan koordinasi dalam waktu dekat guna merealisasikan rencana-rencana yang telah dibahas.

Diharapkan, langkah kerjasama nanti dapat memperkuat hubungan antara UT Ambon dan Polda Maluku serta memberikan dampak positif bagi pengembangan kwalitas anggota Polri. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!