Sekilas Info

Tangani Konflik Sosial, Ini Langkah Pemkot Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar kegiatan sinergitas penanganan konflik dengan tema "Peningkatan Sinergitas serta Koordinasi Yang Baik Dalam Penanganan Konflik" yang berlangsung di Ambon, Selasa (2/7/2024).

Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N Kaya dalam sambutanya yang dibacakan Plt Kepala Kesbangpol Kota Ambon Yan Suitela mengatakan, konflik menjadi fenomena yang paling sering muncul, karena selalu menjadi bagian hidup manusia yang bersosial dan berpolitik serta menjadi pendorong dalam dinamika dan perubahan sosial.

Oleh sebab itu, diperlukan peningkatan efektivitas keterpaduan serta koordinasi yang baik dalam penanganan konflik.

"Dalam Permendagri 42 tahun 2015 tentang Penanganan Konflik dilakukan melalui tiga tahapan, yakni pencegahan konflik yang dilakukan oleh upaya memelihara kondisi damai dalam masyarakat itu sendiri, penghentian konflik dilakukan melalui upaya penghentian  kekerasan fisik penetapan status ke dalam konflik tindakan darurat dan penyelamatan dan perlindungan korban dan pemulihan pasca konflik yang dilakukan melalui upaya rekonsiliasi ,rehabilitasi dan rekonstruksi," katanya.

Menurutnya, khusus  menghadapi Pilkada yang tahapannya sedang berlangsung saat ini perlu didorong semua tim kerja simpul-simpul  kemitraan dalam penanganan konflik harus terus memaksimalkan untuk mengantisipasi kemungkinan gerakan sosial yang terjadi di masyarakat.

"Penanganan konflik sosial harus dilaksanakan secara sinergi terpadu dan terkoordinasi dengan seluruh unsur tingkatan pemerintahan baik di tingkat nasional provinsi maupun tingkat kota sendiri," ujarnya.

Dijelaskan, penanganan konflik sosial juga harus dilakukan secara komprehensif ,integratif, efektif, efisien dan akuntabel. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!