Sekilas Info

Penjabat Gubernur Maluku Tinjau Lokasi Terdampak Banjir

AMBON, MalukuTerkini.com - Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie meninjau lokasi banjir yang menghantam petani sayur di Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon.

Saat kunjungannya, Minggu (7/7/2024) siang, Sadali didampingi Plh Sekda Suryadi Sabirin, Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N Kaya, Asisten I Sekda Maluku Djalaludin Salampessy, Kadis Pertanian Ilham Tauda, Kepala BPBD Syarif Hidayat, Kadis PU Maluku Ismail Usemahu, dan sejumlah OPD terkait.

Disela-sela kunjungan Sadali langsung menemui para petani sayur mayur yang terdampak banjir tersebut.

Sekitar 1,5 hektar areal terdampak banjir hingga menyebabkan petani sayur -mayur di Waiheru gagal panen.

Kepada wartawan di sela-sela kunjungan tersebut, Sadali  menjelaskan pemerintah daerah langsung berkoordinasi dengan pemerintah kota Ambon dalam mengantisipasi intensitas curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu.

"Pemerintah daerah juga akan kordinasikan dengan pemerintah kota dalam mengantisipasi intensitas curah hujan yang begitu tinggi beberapa waktu lalu dan kemungkinan akan terjadi lagi. Jadi kita tinjau langsung ke lapangan melihat dampak yang di timbulkan terutama bagi petani sayur-sayuran yang ada di waiheru karena ini jika tidak cepat ditangani salah satu pemicu inflasi ini juga sayur -sayur, sehingga petani harus di selamatkan, proses penanaman tetap terjaga agar kehidupan mereka tetap terjamin," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah langsung menginventarisir luas lahan yang terdampak dan berkoordinasi pemerintah kota serta balai sungai.

Selain itu juga dilakukan koordinasi bersama Dinas PU agar mendapatkan penanganan sehingga dampak ini diminimalisir dengan baik (MT-04)

Penulis:

Baca Juga