Sekilas Info

Gunung Ibu Masih Erupsi

AMBON, MalukuTerkini.com – Gunung Api Ibu yang berada di Kabupaten Halmahera Barat erupsi, Senin (8/7/2024).

“Terjadi erupsi Gunung Ibu, Senin (8/7/2024) pukul 18.05 WIT dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak (sekitar 2.325 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah timur laut dan timur. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 12 mm dan durasi 431 detik,” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, M Richard Chaniago dalam laporannya sebagaimana dilansir malukuterkini.com dari multiplatform MAGMA Indonesia, Senin (8/7/2024).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau, masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata),” ujarnya.

Ia juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat agar senantiasa berkoordinasi dengan PVMBG di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Ibu di Gam Ici untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas gunung tersebut. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga