oleh

Alba Hatukau Tempati Peringkat 4 ADNC 2019 Regional Sulsel

-Olahraga-486 views

AMBON – Usai terhenti di semifinal, SSB Alba Hatukau akhirnya harus puas dengan menempati peringkat 4 Festival Sepakbola U-12 Aqua Danone Nations Cup (ADNC) 2019 Regional Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hasil tersebut diperoleh setelah saat final untuk menentukan peringkat 3 dan 4, yang berlangsung di Stadion Barombong, Makassar, Minggu (17/3/2019), SSB yang bermarkas di Negeri Batumerah, Kota Ambon itu kalah 0-1 dari SSB Langsagaga Maiwa Enrekang.

Pencapaian posisi pada peringkat 4 tersebut membuat SSB Alba Hatukau yang merupakan juara 3 Prakualifikasi Zona Maluku gagal meraih tiket ke putaran nasional, sebab hanya juara 1 dan 2 putaran regional yang berhak melangkah ke putaran nasional.

Kendati gagal meraih tiket ke putaran final, namun prestasi SSB Alba Hatukau yang bermarkas di Negeri Batumerah Kota Ambon ini sudah luar biasa. Di semifinal SSB Alba Hatukau kalah tipis 0-1 dari SSB Bintang Kanza Manado. Sebelum ke semifinal, SSB Alba Hatukau menang 4-2 atas SSB Nuku Junior Tidore. Di babak 16 besar, juga menang atas SSB Maesa Manado 1-0.

SSB Alba Hatukau juga mengkandaskan SSB Chuleyevo Halmahera Tengah 1-0 di babak 32 besar. Posisi 32 besar dicapainya karena tampil sebagai runner up grup O setelah menyingkirkan PS Solemata Tial di penyisihan grup.

Saat pertandingan terakhir penyisihan grup O di Stadion Barombong, Makassar, Sabtu (16/3/2019), SSB Alba Hatukau unggul tipis 1-0 atas PS Solemata Tial.

Di putaran penyisihan grup, PS Solemata Tial dan SSB Alba Hatukau yang menjadi wakil dari Zona Maluku sama-sama tergabung dalam grup O.

PS Solemata Tial dan SSB Alba Hatukau yang merupakan juara 1 dan 3 Prakualifikasi Zona Maluku, tergabung dalam grup O bersama Fosska Kolaka. Fosska lolos setelah meraih juara 2 Prakualifikasi Zona Sulawesi Tenggara.

PS Solemata Tial yang tampil perdana melawan Fosska Kolaka berhasil unggul 2-1. Sebaliknya Fosska Kolaka justru meraih kemenangan dengan mengalahkan SSB Alba Hatukau 2-1.

Kemenangan 1-0 atas PS Solemata Tial membuat SSB Alba Hatukau lolos sebagai runner up grup O, sementara juara grup O ditempati Fosska Kolaka.

PS Solemata Tial dan SSB Alba Hatukau memang memiliki jumlah memasukan dan kemasukan gol yang sama, namun hasil pertandingan keduanya yang membuat SSB Alba Hatukau menempati posisi sebagai runner up grup O.

Sementara itu, juara 1 ADNC 2019 Regional Sulsel diraih SSB Bintang Kanza Manado setelah menang 2-1 atas KK Team Makassar. Posisi tersebut membuat SSB Bintang Kanza Manado dan KK Team Makassar berhak mewakili Regional Sulsel ke putaran nasional di Jakarta, Juli 2019 mendatang. Tahun lalu, SSB Bintang Kanza Manado – Sulawesi Utara hanya meraih juara 2 regional Sulsel.

Sebagaimana diketahui, Festival Sepakbola U-12 ADNC 2019 Regional Sulsel diikuti 48 tim guna memperebutkan dua tiket ke putaran nasional.

Saat Festival Sepakbola U-12 ADNC tahun 2018 lalu, SSB Tasinara Malunda Majene – Sulawesi Barat dan SSB Bintang Kanza Manado – Sulawesi Utara yang menjadi wakil regional Sulsel ke tingkat nasional. (MT-02)

Komentar

News Feed