Sekilas Info

Ambon Masuk 25 Kota Layanan SPBE Predikat Baik

EVALUASI SPBE - Wapres Jusuf Kalla memberikan pengarahan saat acara Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (28/03/2019)

 AMBON - Kota Ambon masuk dalam deretan 25 kota dengan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) predikat baik oleh Kementerian Pendayagunaan dan Administrasi Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Setelah melalui proses evaluasi oleh Kemenpan-RB RI terhadap pelaksanaan SPBE maka Kota Ambon masuk dalam deretan 25 kota predikat baik dalam layanan SPBE dengan indeks sebesar 2,93. Itu masuk dalam kategori predikat baik," jelas Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy R Adriaansz kepada malukuterkini.com, Jumat (29/3/2019).

Adriaansz yang turut mendampingi Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler pada acara Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE di Jakarta, Kamis (28/3/2019) menjelaskan, walaupu pelaksanaan SPBE di jajaran Pemkot Ambon baru berlangsung setahun, namun sudah mampu memberikan hasil yang mengejutkan dengan indeks sebesar 2,93.

Dikatakan, aspek penilaian SPBE meliputi domain kebijakan SPBE, domain Tata Kelola dan domain Layanan SPBE.

“Nilai Kota Ambon yang paling tinggi itu ada pada Domain Layanan SPBE (nilai 3,12) dengan rincian Administrasi Pemerintahan 3,00 dan Pelayanan Publik 3,33. Selain itu, yang mendukung pula adalah nilai Domain Tata Kelola yang terdiri dari Strategi dan Perencanaan (3,00) dan TIK (3,00),” rincinya.

Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal dengan e-government, berdampak pada integrasi sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi. Implementasi SPBE yang terpadu ini bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!