Sekilas Info

Lion Air Buka Rute Baru ke Ambon Gantikan Batik

Ilustrasi

AMBON – Maskapai Lion Air terhitung Rabu (15/5/2019) membuka rute baru Surabaya – Ambon dan Makassar – Ambon pergi pulang (PP).

Rute-rute yang ditambahkan oleh maskapai Lion Air ini dilakukan bersamaan dengan penutupan rute yang sama oleh Batik Air.

Sebelumnya Batik Air melayani rute-rute tersebut setiap hari. Kini Lion Air yang akan melayani rute-rute dimaksud dengan frekuensi yang sama menggantikan Batik Air.

Perubahan tersebut membuat frekuensi terbang Lion Air rute Ambon - Makassar menjadi 3 kali per hari, Ambon - Soekarno Hatta (1 kali per hari), Ambon - Surabaya (1 kali per hari). Sementara frekuensi terbang Batik Air rute Ambon - Halim Perdanakusuma Jakarta 1 kali per hari dan Ambon - Soekarno Hatta Tangerang 1 kali per hari.

Lion Air menilai rute Surabaya-Ambon PP dioperasikan berdasarkan tingginya permintaan travelers yang mengharapkan tersedia penerbangan langsung dalam akses kemudahan perjalanan ke tujuan wisata dan pusat pertumbuhan ekonomi baru, terutama di Indonesia Timur.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan Lion Air akan melayani rute terbang ini dengan frekuensi satu kali setiap hari. Lion Air memiliki jadwal keberangkatan (schedule time departure/ STD) pada 07.35 WIB dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya bernomor JT-890.

Pesawat diperkirakan mendarat (schedule time arrival / STA) pukul 12.05 WIT di Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon. Penerbangan kembali, Lion Air nomor JT-889 lepas landas dari Ambon pukul 18.20 WIT, kemudian mendarat di Surabaya pada 18.50 WIB.

Sementara Ambon ke Makassar, Lion Air akan terbang pada pukul 13.05 WIT menggunakan nomor penerbangan JT-887. Pesawat diperkirakan tiba pada pukul 13.50 WITA di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Sebaliknya dari Makassar, Lion Air JT-886 lepas landas pukul 14.50 WITA dan memiliki jadwal kedatangan di Ambon pada 17.35 WIT.

Disisi lain Batik Air tetap melayani rute terbang langsung yaitu Ambon - Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 12.25 WIT (ID-7770) dan Ambon - Soekarno Hatta Tangerang pada pukul 08.00 WIT (ID-6171). Sebaliknya Halim Perdanakusuma Jakarta  - Ambon pukul 06.05 WIB (ID-7773) dan Soekarno Hatta Tangerang - Ambon pukul 00.30 WIT (ID-6170).

"Kehadiran rute baru di koridor Maluku menjadi salah satu bentuk keseriusan Lion Air dalam menjembatani antarwilayah melalui transportasi udara, dengan tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first)," kata dia dalam keterangan tertulis, yang diterima malukuterkini.com, Rabu (15/5/2019).

Lion Air, jelas Danang, berkomitmen memperkuat konektivitas domestik dan regional, yang optimis dapat memberikan nilai efektivitas para travelers maupun business, karena waktu tempuh Surabaya menuju Ambon maupun Makassar – Ambon berkisar 1 jam 30 menit.

Keunggulan lainnya, wisatawan dari berbagai kota melalui Surabaya tujuan Ambon dapat melanjutkan penerbangan ke Namlea, Tual, Saumlaki, Fak-Fak, Sorong, Makassar, Labuha, Ternate dan kota-kota lainnya.

Begitu juga sebaliknya, wisawatan dari Maluku yang singgah terlebih dahulu di Ambon bisa meneruskan ke destinasi menarik antara lain Surabaya, Banyuwangi, Jember, Denpasar, Lombok, Kupang, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikapapn, Tarakan dan kota populer yang lain.

Di rute baru tersebut, Lion Air menawarkan pengalaman untuk merasakan terbang bersama pesawat terbaru Boeing 737-800NG (189 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737-900ER (215 kursi kelas ekonomi).

Bersamaan pembukaan rute baru, Lion Air akan meningkatkan satu frekuensi penerbangan langsung Soekarno-Hatta ke Surabaya dan Ambon menuju Makassar. Kehadiran waktu keberangkatan terbaik ini merupakan kelanjutan dari kesuksesan rute Lion Air sebelumnya, dimana rata-rata load factor atau tingkat keterisian penumpang mencapai angka positif.

"Layanan penerbangan non-stop tambahan tersebut menjadikan rute Ambon ke Makassar tiga kali sehari. Lion Air memproyeksikan, penerbangan tersebut mampu memenuhi tingginya permintaan traveling sejalan mewujudkan mimpi wisatawan menjelajahi secara mudah di Indonesia dari Jakarta, Surabaya, Ambon dan Makassar," tandasnya.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Amiruddin Florensius menjelaskan, Bandar Udara Internasional Pattimura melayani rute penerbangan baru Lion Air rute Ambon-Surabaya dan Ambon-Makassar serta sebaliknya, sejak Rabu (15/5/2019).

“Rute-rute yang ditambahkan oleh maskapai Lion Air ini dilakukan bersamaan dengan penutupan rute yang sama oleh Batik Air. Mengenai alasan penutupan dan penambahan tentunya lebih tepat dijelaskan oleh maskapai masing-masing. Namun kami percaya tentu ada sentimen positif dibalik keputusan Lion Air,” jelas Amiruddin Florensius dalam rilisnya, Rabu (15/5/2019).

Amiruddin mengaku jam operasi kedua rute yang dioperasikan Lion Air tersebut tidak berubah dari yang sebelumnya dilakukan oleh Batik Air. “Penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket penerbangan Batik Air tidak perlu khawatir karena tetap bisa dipakai terbang menggunakan Lion Air,” ungkapnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!