oleh

Kapolda Maluku Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran

-Keamanan-282 views

AMBON – Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa meninjau langsung kesiapan angkutan jelang arus mudik Lebaran di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Hunimua, Negeri Liang Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (27/5/2019).

Saat meninjau kesiapan angkutan Lebaran, Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol Teguh Sarwono dan para pejabat utama Polda Maluku. Hadir juga Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon Ferra Alfaris dan Petugas Syahbandar Hunimua Rifai Ibrahim.

Petugas Syahbandar Hunimua Rifai Ibrahim menjelaskan, armada ferry yang melayani penyeberagan dari Pelabuhan Hunimua, Kabupaten Maluku Tengah ke Waipirit di Kabupaten Seram Bagian Barat pergi pulang sebanyak 4 unit yaitu KMP Terubuk, KMP Tanjung Kuako, KMP Inaika dan KMP Rokatenda.

“Ada 4 unit KMP untuk rute Hunimua – Waipirit dengan 13 trip dalam sehari. Nantinya saat Lebaran disesuaikan, kita biasa ekstra trip dari 3 menjadi 4. Untuk rute Hunimua – Masohi itu 3 kali seminggu, yaitu hari Jumat, Sabtu dan Minggu,” jelas Rifai, saat berbincang-bincang dengan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa.

Sementara Kapolda mengatakan peninjauan yang dilakukannya bertujuan untuk melihat arus mudik di Pelabuhan Hunimua.

“Kita sama-sama melihat kesiapan arus mudik lebaran. Selain Hunimua juga di Pelabuhan Tulehu,” jelasnya.

Menurutnya 90 persen arus mudik jelang Lebaran di Maluku menggunakan jasa transportasi laut sehingga diperlukan perhatian terhadap faktor keselamatan pelayaran oleh operator maupun pengguna jasa.

Kapolda dan rombongan juga meninjau kesiapan fasilitas peralatan pendukung yang ada di KMP Terubuk yang merapat di Pelabuhan Hunimua. Mulai dari baju pelampung, pelampung (lifebuoy), perahu karet dengan tenda pelindung yang dikemas dalam bentuk tabung (liferaft) maupun sekoci (lifeboat) ditinjau langsung oleh Kapolda. (MT-03)

Komentar

News Feed