Sekilas Info

Jembatan Waikaka Amblas, Jalur Lintas Seram Lumpuh

AMBLAS - Badan jalan di Jembatan Waikaka di Desa Tala, Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, amblas Kamis (6/6/2019). Akibatnya, jalur jalan lintas Seram yang menghubungkan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah (Malteng) dan Seram Bagian Timur (SBT) sejak Kamis (6/6/2019) lumpuh total.

AMBON – Jalur jalan lintas Seram yang menghubungkan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah (Malteng) dan Seram Bagian Timur (SBT) sejak Kamis (6/6/2019) lumpuh total.

Putusnya jalur transportasi darat ini diakibatkan amblasnya badan jalan di jembatan Nari Besar, Desa Wasia Sanahu Kecamatan Elapaputih maupun Jembatan Waikaka di Desa Tala, Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Kamis (6/6/2019).

Badan jalan di jembatan Waikaka ini amblas menyusul hujan deras yang mengguyur Pulau Seram dan sekitarnya selama dua hari berturut-turut.

Amblasnya badan jalan jembatan ini membuat kendaraan baik roda empat maupun roda dua tidak bisa melewatinya. Kendaraan dari Kabupaten SBB hendak ke Kabupaten Malteng maupun sebaliknya terpaksa harus parkir menunggu di ujung jembatan putus ini.

Menyikapi hal ini, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Maluku Anos Yeremias mengaku telah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVI serta Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku.

“Kita telah meminta kedua instansi teknis tersebut dapat segera mengambil langkah darurat penanganan masalah ini agar jalur jalan trans Seram bisa dilakui kendaraan.

Ia mengatakan jika hal ini dibiarkan berlarut, maka akan timbul masalah lain lagi sebagai imbas putusnya akses transportasi ini seperti akan adanya kenaikan harga sembako dan harga barang lainnya.

“Jika kendaraan belum bisa lewat maka pasti pasokan barang termasuk sembako ke daerah yang terisolir pasti terhambat. Akibatnya harga barang pasti akan naik dan ini yang kita khawatirkan karena masyarakat akan jadi korban,” katanya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!