Sekilas Info

HUT ke-74 RI di Ambon, Gubernur Beri Tali Asih Bagi 79 Pejuang Kemerdekaan

TALI ASIH - Gubernur Maluku Murad Ismail menyerahkan tali asih kepada 79 perwakilan pahlawan/pejuang kemerdekaan usai upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Sabtu (17/8/2019).

AMBON - Gubernur Maluku, Murad Ismail memberikan tali asih kepada 79 pahlawan/pejuang kemerdekaan dalam rangka peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Penyerahan tali asih dilakukan usai upacara bertempat di kantor Gubernur Maluku, usai upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur mengajak seluruh komponen masyarakat Maluku untuk simpati serta penghargaan yang tinggi, atas pengorbanan yang diberikan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan, dengan cara menumbuhkan kembali komitmen perjuangan, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pilar utama dalam menopang proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Ssalah satu tantangan terbesar dalam kehidupan masyarakat modern di Indonesia adalah pudarnya nilai-nilai solidaritas sosial, dan menguatnya nilai-nilai individualisme, serta hilangnya niai-nilai kebenaran. Fenomena ini bukan hanya terjadi dalam masyarakat perkotaan, tetapi juga mulai merambat sampai dengan masyarakat perdesaan,” ungkapnya.

Secara perlahan, katanya, fenomena ini menyebabkan pergeseran tata nilai masyarakat, seperti nilai-nilai kepopanan, tenggang rasa, kasih sayang dan kebersamaan, baik dalam lingkungan keluarga, maupun antar kelompok masyarakat.

"Oleh karena itu, dalam momentum peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI serta menyongsong HUT ke-74 Provinsi Maluku, saya mengharapkan agar kita semua menumbuhkan serta menguatkan kembali nilai-nilai solidsritas kebangsaan, yang menjadi kekuatan para pahlawan/pejuang bangsa dalam merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia  yang kita cintai,” katanya.

Tak hanya tali asih, gubernur juga menyerahkan hadiah uang tunai dan tropi kepada para pemenang evaluasi perkembangan desa tingkat Provinsi Maluku tahun 2019 yang diraih oleh Desa Latdalam kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar juara I, disusul juara II Desa Jikumarasa Kecamatan Lilialy Kabupaten Buru dan juara III Desa Soahuku Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Sementara juara I Kelurahan Terbaik diraih oleh Kelurahan Waihaong. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!