Sekilas Info

Peringati HUT ke-74 RI, Polres Ambon Gelar Upacara

UPACARA HUT RI – Upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ambon, Maluku, Sabtu (17/8/2019).

AMBON -  Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease menggelar upacara memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di pelataran Mapolres, Sabtu (17/8/19).

Kapolri Jendral Polisi M Tito Karnavian dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso mengatakan tantangan ke depan akan semakin kompleks.

“Hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika yang terjadi dalam tataran global, regional, maupun lokal. Fenomena demokratisasi yang terjadi pada sebagian besar negara di dunia, telah mengubah tata kehidupan secara luas. Hal tersebut ditandai dengan menguatnya peran legislatif dan media, serta penghormatan supremasi hukum dan HAM. Begitu juga dengan fenomena globalisasi sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, tidak hanya memberi manfaat yang besar, namun juga membawa berbagai potensi gangguan yang harus kita antisipasi bersama.,” katanya.

Oleh karena itu, menurut Kapolri dalam  amanatnya itu, pemolisian di era demokrasi harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara.

“Hal tersebut diwujudkan dengan penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas. Pemolisian di era demokrasi juga harus disertai dengan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam Upacara Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi kepada institusi Polri. Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri. Hal tersebut merupakan implementasi Agenda Pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing”.

“Secara lebih rinci, instruksi tersebut menjadi penjabaran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020, yaitu “peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas”. Dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan, sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 ini,” jelasnya. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!