oleh

Peringatan 74 Tahun Pembebasan Tentara Australia di ‘Kudamati Memorial’

-Foto-410 views

AMBON – Selain di Taman Makam Persemakmuran, di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon itu, puluhan keluarga veteran perang asal Australia juga menggelar upacara sederhana di Monumen Kudamati Memorial yang lebih dikenal warga Kota Ambon dengan sebutan Tugu Dooland, di kawasan Kudamati, Ambon, Selasa (10/9/2019).

Anggota Keluarga veteran juga meletakan karangan bunga pada monumen tersebut serta bunga poppy merah (red poppies) pada honour wall (tembok kehormatan).

Monumen tersebut merupakan basis pertahanan terakhir pasukan Australia saat bertempur melawan Jepang pada Perang Dunia II.

Sebelumnya 25 orang anggota keluarga veteran tentara Gull Force asal Australia yang gugur pada Perang Dunia II, menggelar upacara peringatan 74 tahun pembebasan anggota keluarga mereka yang menjadi tahanan tentara Jepang tahun 1945 lalu, di Ambon, Selasa (10/9/2019).

Upacara yang dilaksanakan di Taman Makam Persemakmuran, di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon itu.

Tercatat sebanyak 694 orang tentara Australia dari total 1.131 orang tentara yang berasal dari Batalyon 2/21 Australia Gull Force gugur saat berperang melawan tentara Jepang di Ambon pada tahun 1941.

Para tentara yang meninggal dimakamkan di Taman Persemakmuran Tantui, sedangkan yang bisa selamat dan kembali ke negaranya sebanyak 232 orang. (MT-01)

Komentar

News Feed