Sekilas Info

Pasca Gempa, Mensos Serahkan Bantuan Rp 1,3 M

SERAHKAN BANTUAN - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan bantuan sosial bencana secara simbolis kepada perwakilan pengungsi yang dipusatkan di lokasi pengungsian di Lapangan Sepakbola Hatukau, Desa Batumerah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (30/9/2019). Bantuan yang diserahkan senilai total Rp 1,3 milyar.

AMBON - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan bantuan sosial bencana sebesar Rp 1,3 milyar kepada korban gempa berkekuatan magnitudo 6,8 di Pulau Ambon dan sekitarnya, Senin (30/9/2019).

Total bantuan sosial sebesar Rp 1,3 milyar yang terdiri dari bantuan sosial kepada ahli waris dan bantuan logistik kepada pengungsi, diserahkan Mensos secara simbolis kepada perwakilan penerima.

Mensos mengatakan, bantuan sosial diberikan kepada 34 ahli waris keluarga korban yang meninggal dunia akibat bencana sebesar Rp15 juta per keluarga.

JENGUK PASIEN RSUD - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menjenguk pasien terdampak gempa di RSUD Haulussy Ambon, Senin (30/9/2019).

Selain itu juga diserahkan bantuan logistik berupa paket makanan, tenda gulung, perlengkapan dapur umum dan kebutuhan pakaian.

"Kami datang dari Jakarta atas perintah bapak Presiden untuk memberikan perhatian atau bantuan kepada warga yang terdampak bencana gempa," kata Mensos kepada wartawan saat meninjau lokasi pengungsian di Lapangan Sepakbola Hatukau, Desa Batumerah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (30/9/2019).

Menurutnya, bantuan yang diserahkan merupakan tahap awal, jika dirasakan oleh pemerintah daerah dibutuhkan bantuan lainnya, maka akan diberikan bantuan tahap dua.

KUNJUNGI PENGUNGSI - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi anak-anak pengungsi yang ditampung di lokasi pengungsian di Lapangan Sepakbola Hatukau, Desa Batumerah Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (30/9/2019).

"Yang ingin saya sampaikan adalah bantuan ini tahap awal, jika dirasakan oleh pemda dibutuhkan bantuan lainnya dari pemerintah pusat, tentu kami akan siap untuk menyalurkan bantuan tahap dua yang berkaitan dengan bencana di Maluku," ungkapnya.

Setelah ini, jelas Mensos, segera disalurkan bantuan sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah yakni toko atau warung yang terdampak rusak akibat gempa.

"Kami siapkan program untuk membantu jika ada toko atau warung yang hancur akibat bencana, kita ingin warung tersebut beroperasi kembali sehingga kegiatan perekonomian daerah normal kembali," jelasnya.

PANTAU AKTIVITAS TAGANA - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memantau aktivitas personel Tagana disela-sela kunjungan ke Ambon Ambon, Maluku, Senin (30/9/2019).

Selain itu untuk rumah yang rusak baik rusak ringan hingga berat, juga akan diberikan bantuan, Kementerian Sosial akan berkoordinasi dengan BNPB untuk proses bantuan.

"Tentunya melalui proses verifikasi dan validasi di lapangan, agar bantuan tersebut tepat sasaran," kata Mensos.

Selain ke lokasi pengungsian di Lapangan Hatukau, Mensos yang hanya berada di Ambon sekitar 4 jam juga menyempatkan diri menjenguk korban terdampak gempa di RSUD Haulussy Ambon.

Disela-sela menjenguk, Mensos juga memberikan bantuan secara simbolis. Usai menjengk korban terdampak gempa, Mensos bersama rombongan langsung menuju Bandara Pattimura Ambon dan kembali pulang ke Jakarta. (MT-02)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!