oleh

Pastikan Penanganan Tanggap Darurat, Kepala BNPB Tinjau Pengungsi di Pulau Haruku

-Bencana-381 views

AMBON – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau langsung para pengungsi di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (9/10/2019).

Para pengungsi merupakan korban terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 yang terjadi Kamis (26/9/2019) lalu.

Doni yang didampingi Wagub Barnabas Orno, Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dan Kepala BPBD Provinsi Maluku Farida Salampessy itu meninjau para pengungsi yang berada di Negeri Oma, Negeri Haruku, Negeri Rohomoni dan Negeri Kailolo.

TINJAU SEKOLAH DI PENGUNGSIAN – Kepala BNPB, Doni Monardo meninjau proses belajar mengajar di SDN 2 Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (9/10/2019).

Saat bertatap muka serta berdialog langsung dengan pemerintah negeri, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama di masing-masing negeri yang dikunjungi, Doni mengatakan, kunjungan yang dilakukan kedua kali ini, merupakan kewajiban pemerintah untuk  memberikan pelayan terbaik kepada warga negaranya.

“Sudak melakukan pertemuan dan Pak Presiden memerintahkan saya kembali ke Maluku untuk pastikan bagaimana pemberian pelayanan ke masyarakat yang terdampak gempa,” ujanya.

PENGARAHAN – Kepala BNPB, Doni Monardo memberikan pengarahan saat bertatap muka dengan warga Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (9/10/2019).

Ia menjelaskan, pelayanan yang dimaksud adalah termasuk pelayanan kesehatan, pendidikan dan juga pangan, dengan harapan  agar semua bisa tertangani cepat dan tepat sasaran, maka dibutuhkan dukungan semua pihak.

“Ini tidak bisa dikerjakan oleh satu lembaga namun perlu dukungan semua pihak yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga semua kompoenen yang miliki kepedulian untuk ini,” jelasnya.

TINJAU – Kepala BNPB, Doni Monardo saat menuju lokasi pengungsian di Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (9/10/2019).

Sementara itu, Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua memastikan pemerintah pusat maupun daerah akan selalu ada dalam menangani bencana ini.

“Tentang bantuan pemerintah akan selalu hadir. Saat ini sementara didata terkait kebutuhan pangan, kesehatan dan juga pendidikan,” ujar Tuasikal.

Usai dari Pulau Haruku, Doni beserta rombongan kembali ke Ambon dan meninjau pengungsi maupun rumah sakit lapangan yang berada di Kampus Universitas Darussalam Ambon – Negeri Tulehu dan Rindam XVI/Pattimura. (MT-03)

Komentar

News Feed