oleh

Presiden Instruksikan Kepala BNPB Tindak Lanjut Penanganan Bencana di Maluku

-Bencana-447 views

AMBON – Presiden Joko Widodo menerima sejumlah menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menerima laporan terkait penanganan bencana yang terjadi di sejumlah daerah termasuk Maluku.

Selain itu, Kepala Negara juga menginstruksikan tindak lanjut terhadap penanganan bencana tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam pertemuan tersebut melaporkan perkembangan di Maluku yang dilanda bencana gempa bumi pada 26 September 2019 lalu.

Sampai dengan Senin (7/10/2019) malam, BNPB mencatat korban meninggal dunia mencapai 39 jiwa, korban luka berat, sedang, dan ringan mencapai 1.578 orang. Adapun pengungsi berjumlah 170.900 jiwa.

PENANGANAN BENCANA – Presiden Joko Widodo menerima sejumlah menteri dan Kepala BNPB Doni Monardo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menerima laporan terkait penanganan bencana yang terjadi di sejumlah daerah termasuk Maluku.

“Kemudian sampai dengan data Senin (7/10/2019) malam malam, untuk rumah yang rusak berat mencapai 1.273, rusak sedang 1.837, rusak ringan 3.245, total 6.355. Fasum dan fasos 512,” kata Doni.

Untuk memastikan program penanganan terhadap masyarakat terdampak berjalan dengan baik, Presiden Joko Widodo memerintahkan Kepala BNPB untuk kembali ke Ambon, Selasa (8/10/2019) malam.

“Jadi kami kembali ke sana ke Ambon untuk memastikan semua proses yang berhubungan dengan penanganan bencana terutama kepada para pengungsi untuk betul-betul bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Doni Monardo dijadwalkan akan meninjau penanganan pengungsi di Negeri Liang, Waai dan Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah. (MT-03)

Komentar

News Feed