Sekilas Info

Rakernas Percasi di Ambon Bahas Persiapan Pra PON

PENGARAHAN - Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto memberikan pengarahan kepada peserta Rakernas ke-41 Percasi yang berlangsung di Hotel Pasific, Ambon, Maluku, Sabtu (26/10/2019).

AMBON – Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-41 yang dipusatkan di Hotel Pasific, Ambon, Maluku, Sabtu (26/10/2019).

Rakernas tersebut dipimpin oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto didampingi Sekjen Henry Hendratno serta pengurus lainnya.

“Dalam Rakernas kita membahas juga persiapan pelaksanaan Pra PON XX/2020-Papua yang akan dilaksanakan secara serentak di beberapa kota pada awal November 2019,” ungkap Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto kepada wartawan usai Rakernas tersebut, Sabtu (26/10/2019).

Ia menjelaskan, Pra PON Catur Putra Wilayah Sumatera akan dilaksanakan bersamaan dengan Porwil X di Bengkulu, 4 – 9 November 2019; Wilayah Jawa di Cilacap-Jawa Tengah, 5 – 10 November 2019; Wilayah Kalimantan – Bali di Palangkaraya – Kalimantan Tengah, 5 – 10 November 2019; Wilayah Sulawesi di Manado – Sulawesi Utara, 5 – 10 November 2019 dan Wilayah Indonesia Timur di Mataram – Nusa Tenggara Barat, 5 – 10 November 2019.

RAKERNAS - Ketua Pengprov Percasi Maluku, Edwin Adrian Huwae (kiri) saat mengikuti Rakernas ke-41 Percasi yang berlangsung di Hotel Pasific, Ambon, Maluku, Sabtu (26/10/2019).

“Nantinya Pra PON Catur Putri, Senior U-60 dan play off putra akan berlangsung di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 20 – 27 November 2019,” jelas Utut didampingi Ketua Pengprov Percasi Maluku Edwin Adrian Huwae.

Dikatakan, nomor yang dipertandingkan pada Pra PON Catur Putra tersebut adalah perorangan dan beregur putra catur standar.

“Nantinya juara I dan II setiap nomor pada Pra PON Catur Putra Wilayah Sumatera maupun Wilayah Jawa akan lolos ke PON 2020 sementara urutan III dan IV dari masing-masing wilayah mengikuti play off putra akan berlangsung di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 20 – 27 November 2019. Sementara untuk Pra PON Catur Putra Wilayah Kalimantan – Bali, Sulawesi dan Indonesia Timur, hanya juara I setiap nomor dari masing-masing wilayah yang langsung mengantongi tiket PON sedangkan juara II dan III mengikti playoff,” katanya.

Ia menambahkan, selain membahas persiapan Pra PON, Rakernas juga memutuskan pelaksanaan Kejurnas Junior tahun 2020 akan berlangsung di Provinsi Bangka Belitung. “Tahun depan hanya digelar Kejurnas Junior karena pecatur senior mengikuti PON XX/2020-Papua,” ujarnya.

Dikatakan, pada Rakernas tersebut juga disahkan para pecatur gelar Master Nasional (MN), Master Percasi (MP) dan Master Percasi Wanita (MPW). “Satu diantaranya diraih oleh pecatur Maluku, Muhammad Ishak Rianjar,” katanya. (MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!