oleh

BMKG: Gempa Laut Maluku, Bali & Ambon Sama Tipe Tapi Beda Sumbernya

-Bencana-542 views

AMBON – Gempa Laut Maluku, Gempa Bali Utara, dan Gempa Ambon meskipun memliki tipe yang sama, yaitu sama-sama didahului oleh serangkaian gempa pendahuluan, akan tetapi memiliki perbedaan dalam hal sumber gempa dan mekanisme sumbernya.

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/11/2019).

Dikatakan, gempa Laut Maluku dipicu oleh adanya deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku, Gempa Bali dibangkitkan oleh sumber gempa Sesar Naik di Utara Bali, dan Gempa Ambon terjadi akibat aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan sebelumnya.

“Selain berbeda dalam sumber gempa, ketiga gempa tersebut juga berbeda dalam mekanisme sumbernya. Gempa Laut Maluku memiliki mekanisme sumber sesar naik (thrust fault), Gempa Utara Bali memiliki mekanisme sumber kombinasi pergerakan dalam arah mendatar dan naik (oblique thrust), dan Gempa Ambon memiliki mekanisme sesar geser (strike slip),” katanya.

Gempa Laut Maluku terjadi Sejak terjadi, Jumat (15/11/2019) dinihari, sementara sebelumnya, Kamis (14/11/2019) pukul 17.21 WITA, wilayah Bali Utara juga diguncang gempa M=5,0. Sedangkan jauh hari sebelumnya, Pulau Ambon dan sekitarnya juga diguncang gempa M=6,5 pada 26 September 2019.  (MT-02)

Komentar

News Feed