oleh

Tak Lagi Deputi Kementerian BUMN, Hambra Samal Jadi Wadirut Pelindo 2

-Ekonomi-505 views

AMBON – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mulai merestrukturisasi para penjabat di Kementerian BUMN.

7 pejabat eselon I kementerian BUMN itu akan dialihkan menjadi direksi di sejumlah perusahaan plat merah. Saat ini 6 diantaranya sudah alih jabatan. Satu diantaranya Hambra Samal.

Hambra menjabat Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis sejak 9 Februari 2016. Dia juga tercatat sebagai Wakil Komisaris Utama BNI menggantikan Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Wahyu Kuncoro yang sebelumnya berada di jabatan yang sama.

Pria kelahiran Ketapang, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, 10 Oktober 1968 ini memperoleh gelar sarjana S1 Ilmu Hukum dari Universitas Pattimura Ambon kemudian gelar S2 Magister Hukum Bisnis dari UGM.

Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan 7 pejabat eselon I kementerian BUMN itu akan dialihkan menjadi direksi di sejumlah perusahaan plat merah. Saat ini 6 diantaranya sudah alih jabatan.

“Perlu ada penyegaran dari teman-teman deputi itu bahwa mereka sebagian berasal dari korporasi juga,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Enam deputi dan satu sekretaris kementerian BUMN dianggap mampu membenahi kinerja perusahaan BUMN sehinggga diharapkan bisa mencapai target pembenahan kinerja perusahaan sesuai indikator kinerja utama (Key Performance Indicator/KPI).

“Kinerja operasi, kinerja keuangan. Selama ini bapak-bapak ini sudah banyak memberikan pengawasan dan mendorong perusahaan-perusahaan di BUMN hampir lima tahun. Jadi wajar kalau mereka mumpuni kembali ke perusahaan. Mudah-mudahan perusahaan yang mereka pimpin akan semakin baik,” ungkapnya.

Sementara itu soal status Pegawai Negeri Sipil (PNS) seluruh eselon I itu, menurut Arya, akan disesuaikan dengan surat keputusan.  “PNS boleh jadi direksi di BUMN. Status PNS itu sesuai administrasi saja. Yang pasti mereka di tempatkan di sana,” jelasnya.

Dari 7 nama eselon I BUMN, hanya tinggal Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro yang masih proses peralihan jabatan administrasi.

Sementara sisanya sudah rampung tinggal diumumkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Hambra Samal

Berikut nama-nama Deputi Kementerian BUMN yang beralih menjadi direksi perusahaan BUMN:

  1. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah menjadi Wadirut Angkasa Pura II.
  2. Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Hambra Samal menjadi Wadirut Pelindo 2.
  3. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno menjadi Dirut Barata.
  4. Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Wahyu Kuncoro menjadi Wadirut Pegadaian.
  5. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Aloysius Kiik Ro menjadi Wadirut Danareksa atau Dirut Danareksa Sekuritas.
  6. Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo menjadi Wadirut Bulog.
  7. Sekretaris Kementerian BUMN Imam Aprianto Putro menjadi Wadirut Pupuk Indonesia.

(MT-06)

Komentar

News Feed