Sekilas Info

Pencetakan KIA di Kota Ambon Tahun 2019 tak Capai Target

Ilustrasi

AMBON - Pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon di tahun 2019, ternyata tak capai target.

Di tahun 2019 lalu Disdukcapil menargetkan sebanyak 10 ribu lembar KIA yang harus dicetak, namun yang tercetak hanya 8.274 lembar.

"Pencetakan KIA sampai 30 Desember kemarin itu mencapai 8.274 lembar, dan itu belum semua anak, jadi memang belum semua terjangkau. Untuk Kota Ambon memang baru dilaksanakan di bulan Mei karena menunggu blanko dari pusat. Jadi memang dari segi waktu sudah terlambat. Jika dari bulan Januari 2019 otomatis bisa lebih target," kata Plt Kepala Disdukcapil Kota Ambon, Selly Haurissa kepada malukuterkini.com diruang kerjanya, Jumat (17/1/2020).

Haurissa sangat yakin di tahun ini Disdukcapil dapat mencapai target pencetakan KIA.

Pasalnya, di tahun ini pun Disdukcapil menargetkan sebanyak 10 ribu KIA, karena berdasarkan blanko yang diterima dari pusat.

"Tahun ini kita punya target masih sama, tapi kami tetap akan berupaya agar bisa capai target," ungkapnya.

Dikatakan, di tahun ini pihaknya akan melakukan sistem jemput bola, di setiap sekolah di Kota Ambon baik itu tingkat SD, SMP maupun SMA.

"Kita akan melakukan jemput bola di lapangan. Karena kita berupaya untuk seluruh anak yang masuk sekolah baik dari PAUD sampai di SMA itu harus wajib memiliki KIA. Kalau sekarang ini yang PAUD hampir sebagian besar sudah miliki KIA, untuk SD dan SMP juga kita sudah banyak jemput bola, namun kita masih terus berupaya," katanya.

Tak hanya di sekolah, Haurissa menambahkan, Disdukcapil juga melakukan kerjasama dengan pihak rumah sakit, sehingga ketika anak lahir dapat segera dimasukan data agar mendapatkan KIA.

KIA merupakan identitas resmi untuk anak yang masih berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah.

Kini, orang tua wajib mengurus KIA untuk anaknya. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) No.2 Tahun 2016.

Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!