oleh

Kenang Pertempuran Laut Arafura, Personel TNI AL di Ambon Nobar Film ‘A Brave Gentlemen’

-Keamanan-283 views

AMBON –  “A Brave Gentlemen”, film yang berhasil sukses mengaduk jiwa patriotisme para prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon dan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada III saat pelaksanaan nonton bareng (nobar) film tersebut di Mako Lantamal Ambon, Senin (20/1/2020).

Film yang mengisahkan tentang Pertempuran Laut Arafura ini menjadi pengingat perjuangan aksi heroik salah satu pahlawan dari TNI Angkatan Laut yaitu Komodor Yos Sudarso yang rela mengorbankan dirinya demi menghadang laju kapal musuh penjajah dari Belanda.

Dalam film pertempuran yang berdurasi sekitar 25 menit tersebut terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 yang merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut Indonesia yang ditunjukkan pelaut-pelaut  dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

Dengan dikumandangkannya  “Kobarkan Semangat Pertempuran” yang diserukan oleh Komodor Yos Sudarso lewat RTF (Radio Telefoni) , mengiringi perlawanan RI Matjan Tutul menghadang armada musuh yang lebih unggul kekuatannya. RI Matjan Tutul akhirnya tenggelam bersama Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai kusuma bangsa.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, Laksma TNI Budi Purwanto didampingi Danguspurla Armada III Laksma TNI Rudi Aviantara turut larut bersama seluruh prajurit Lantamal dan Guspurla menghadiri nonton bareng pemutaran film  tersebut.

Hadir juga dalam kegiatan ini, para Asisten Danlantamal IX, Kepala Staf Guspurla Koarmada III, para Asisten Danguspurla Koarmada III, para Kasatker di Jajaran Lantamal IX, para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal dan personil Guspurla Koarmada III. (MT-03)

Komentar

News Feed