oleh

Staf Khusus Presiden: ‘Creative Hub’ Bakal Dibangun di Maluku

AMBON – Pemerintah pusat telah memberikan lampu hijau untuk membangun creative hub di Provinsi Maluku..

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar mengatakan, creative hub merupakan hasil diskusinya bersama presiden, untuk membuktikan anak muda Maluku dan Papua memiliki kreatifitas yang luar biasa.

“Dana sebesar ini telah ditetapkan,” ujar Mambrasar saat talkshow bertajuk “Muda Berdaya Muda Berkarya” di Amahusu Beach , Kamis (13/2/2020).

Dijelaskan, anak muda Indonesia Timur khususnya Provinsi Maluku, jangan sampai tertinggal apalagi saat ini muncul era bisnis startup sehingga orang tidak lagi bekerja sebagai PNS.

“Sekarang ini era startup yang penuh dengan inovasi dan kreatifitas seperti grab, ruang guru, gojek dan berbagai usaha kreatif lainnya. Kita melihat Ambon penuh dengan seni tapi sayangnya belum sampai di kelas startup. Makanya dengan adanya creative hub ini akan membantu peningkatan kapabilitas. Jadi mereka punya level keahlian bisa naik ke tingkat nasional dan internasional,”jelasnya.

Creative hub katanya, juga dapat membantu pemuda Maluku mengkoneksikan dengan pasar di luar Maluku sehingga bisa menarik uang masuk ke daerah ini.

“Selain itu ketika memiliki ide yang bagus, dan terkendala modal maka creative HUP ini bisa memberikan akses permodalan. Jadi kalau usaha mereka maju dan berkembang, maka pengangguran berkurang, kemiskinan berkurang dan kesejahteraan meningkat, dan anak muda dapat merasa bahwa mereka turut membangun provinsi Maluku,” kata Mambrasar.

Ia menjelaskan, creative hub memang dibangun oleh pemerintah pusat, namun berada di provinsi sehingga harus ada kepemilikan yang kuat dari pemerintah daerah untuk memastikan creative hub beroperasi dalam jangka panjang. (MT-05)

Komentar

News Feed